Bupati Pimpin HUT Linmas ke-51

Bupati Pimpin HUT Linmas ke-51
Bupati Sukarmis dan unsur Muspida berfoto bersama Satlinmas usai upacara. ( isa )

 

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis, Jumat pagi ( 19/4 ) memimpin upacara HUT Sat-Linmas ( Satuan Perlindungan Masyarakat ) ke-63 tingkat Kabupaten Kuantan Singingi di lapangan upacara Kompleks Pemda Kuansing di Teluk Kuantan.

Upacara yang berlangsung lancar tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Kuansing AKBP Wendry Purbyantoro, Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan Maryono, SH, MH, Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd, Perwira Penghubung Kodim Inhu Mayor ( Inf ) Rio Purwantoro, Asisten, Kadis, Kaban dan Kakan serta ribuan pegawai dilingkungan Pemkab Kuansin.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Sukarmis, menekankan bahwa Satlinmas dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara optimal, guna menjaga citra dan wibawa pemerintah daerah.

Mendagri mengatakan, dalam UU No.32/2004 tentang Pemerintahan Daerah disebutkan bahwa ketertiban umum dan ketentaraman masyarakat termasuk di dalam bidang perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang telah diserahkan kepada daerah.

“Karena itu, kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai peranan dominan dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat melalui penegakan peraturan daerah (Perda),” ujarnya.

Kendati demikian, sebagai pembina Satuan Linmas, Kemendagri juga mempunyai tangung jawab dan peranan tak kalah penting dalam menentukan arah kebijakan, melalui kegiatan fasilitasi, regulasi, serta minitorong dan evaluasi.

Sementara untuk Satlinmas, memiliki tugas pokok dan fungsi yaitu perbatuan dalam penangulangan bencana, kegiatan sosial kemasyarakatan, pemilukada/pemilu, serta membatu tugas lain yang ditetapkan dalam peraturan perundangan.

Pada era otonomi daerah saat ini, Satuan Linmas dituntut agar lebih diakui keberadaanya sebagai pengakuan terhadap pengabdian kepada Negara, dalam bentuk sikap toleransi menjalankan tugas dan fungsi bidang perlindungan masyarakat untuk mencapai hasil terbaik dalam upaya menjaga citra dan wibawa pemerintah daerah.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Drs Firdaus Bahar melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, Drs Syahrul menyatakan, dalam HUT Sat Linmas kali ini dihadirkanm 45 orang anggota Sat Linmas dari desa-desa eks trans yang ada di kecamatan Logas Tanah Darat untuk ikut serta upacara HUT bersama Bupati dan jajaran Muspida. ( isa )

Berita Lainnya

Index