Kelapa Sawit yang ditanami warga dekat Pintu Gerbang Masuk Kota di Sitorajo Kari. ( isa )

Jalan Berlubang Tak Diperbaiki, Warga Tanam Sawit di Jalan Lintas Sumatera

Senin,14 April 2013 - 09:18:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Tak tahan melihat kondisi jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki, warga menanam kelapa sawit di jalan negara atau jalan lintas tengah  Sumatera yang menghubungkan Teluk Kuantan -  Kiliran Jao tepatnya di desa Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah.

Kelapa sawit yang ditanami warga itu terletak persis di 10 meter menjelang pintu gerbang masuk kota Teluk Kuantan. Lokasinya berada di jalur sebelah kiri jika pengendara dari arah Lubuk Jambi ke Teluk Kuantan dan sebelah kanan dari arah Teluk Kuantan ke Lubuk Jambi.

Setidaknya ada dua  batang kelapa sawit yang ditanami warga lokasi ini. Akibatnya jalur sebelah kiri dari arah Lubuk Jambi tidak bisa digunakan lagi dan pengendara cenderung menggunakan jalur sebelah kanan yang sangat rawan terjadinya Lakalantas.

Namun pengendara, baik roda dua maupun roda empat  maklum dengan penanaman kelapa sawit sebagai simbol agar pemerintah memperhatikan kondisi jalan yang rusak.  Sebab jalur kiri yang ditanami kelapa sawit itu selama ini juga susah dilewati dan sering menimbulkan kemacetan dan kecelakaan.

Sebenarnya kerusakan jalan tidak hanya di dekat pintu gerbang. Lebih kurang 200 meter dari lokasi tepatnya di depan SPBU Sitorajo Kari juga ada jalan buruk yang sudah berlubang. Agar jalan tetap dapat dilewati, warga secara swadaya meletakkan kayu dan balok di dalam lubang.

Kerusakan jalan ini sebenarnya sudah dilaporkan Pemkab ke Pemprov, bahkan Kapolres Kuansing  AKBP Wendry Purbyantoro juga melaporkan hal yang sama ke Kapolda. Namun sejauh ini tidak ada aksi nyata dari pihak terkait untuk memperbaikinya.

" Ruas jalan ini tangung jawab pusat dan pemprov, Kita hanya sebatas mengusulkan agar cepat diperbaiki, bahka beberapa  kali Kita melakukan penimbunan secara swadaya agar keluhan warga teratasi, "ujar Kabid Peningkatan Jalan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kuansing, Nasri Edi. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT