Fedrios Gusni saat panen bawang merah

Mantap, Petani Bawang Merah Di Singingi Panen Perdana

Minggu,31 Mei 2020 - 09:27:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

MUARA LEMBU - Alam kabupaten Kuantan Singingi tidak hanya surga bagi tanaman karet dan kelapa sawit. Tanaman sayur-sayuran dan holtikultura juga sangat menjanjikan.

Buktinya salah seorang petani bawang merah binaan anggota DPRD Kuansing, Fedrios Gusni telah panen perdana. Petani binaan Fedrios adalah Mizan (54) warga Muara Lembu kecamatan Singingi.

Sebelumnya petani Yunisman di desa Benai Kecil kecamatan Benai juga sudah berhasil membudidayakan tanaman bawang merah.  

Menurut Fedrios, Mizan sudah mampu panen tanaman bawang lebih kurang 1 ton di areal seluas kurang 1 hektar. Ia pun didaulat untuk panen perdana.

Dikatakan Fedrios yang juga Fraksi Demokrat DPRD Kuansing itu, dalam kondisi pandemi Covid -19 saat ini yang diperlukan adalah memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

Untuk itu dirinya menghimbau masyarakat berbelanja di warung tetangga, membeli sayur di kebun tetangga dan hal hal lain yang beguna untuk saling menguatkan basis ekonomi.

" Saya berinisiatif sejak beberapa waktu lalu, memberikan pinjaman modal dan membina beberapa petani. Salah satunya pak Mizan ini, yang sudah berhasil membudidayakan tanaman bawang. Apalagi saat ini harga bawang begitu meroket,"imbuhnya.

Dengan keberhasilan budidaya bawang merah ini, katanya diharapkan bisa mengangkat ekonomi masyarakat, dan ketersediaan pangan. Sekaligus menciptakan diversifikasi mata pencaharian warga.

" Jadi tidak hanya kebun kelapa sawit atau karet semata. Bertani cabe, bawang merah dan komoditi lain jika ditekuni dengan baik Insya Allah hasilnya juga baik,"ujarnya.

" Hendaknya dengan keberhasilan Pak Mizan ini, muncul petani petani lain dengan komposisi budidaya aneka tanaman lainnya," sambung Fedrios. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT