Proses belajar di Kuansing

Proses Belajar Mengajar Disekolah Tunggu Keputusan Pusat

Jumat,29 Mei 2020 - 03:13:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menyiapkan skenario menghadapi kebijakan baru yakni tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Salah satunya di sektor pendidikan.

"Kita harus siap menghadapi tatatan hidup yang baru ini. Termasuk proses belajar mengajar. Kita minta Dinas Pendidikan nanti yang merumuskannya," kata Bupati Kuansing Drs H Mursini kepada wartawan, Kamis ( 28/5/2020).

Kedepan kata Bupati, proses belajar mengajar tetap akan berlangsung normal dengan tetap berpedoman pada protokol covid-19. Seperti sekolah menyiapkan tempat cuci tangan. Lebih baik lagi di setiap lokal.

"Jika muridnya banyak dibuat shif. Kalau muridnya hanya 20 -25 tak harus dibagi dua, cuma kursi dan meja diberi jarak," katanya.

Selain itu kata bupati, semua civitas pendidikan harus memakai masker. Mulai dari kepala sekolah, guru, siswa maupun penjaga sekolah.

"Tidak ada kumpul-kumpul seperti olahraga outdoor, seperti olahraga. Detailnya nanti dibuat Dinas Pendidikan," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kuansing Jupirman SPd melalui Sekretaris Dinas Masrul Hakim mengatakan sehubungan SE Bupati Kuansing tentang masa belajar di rumah bagi para pelajar akibat tanggap darurat Corona habis tanggal 29 Mei. Maka untuk sementara belajar di rumah.

"Untuk sementara masih belajar di rumah sesuai arahan pimpinan. Kita menunggu keputusan dari Pemda," katanya kepada wartawan, Jumat (29/5/2020) di kota telukkuatan.

Dalam menghadapi kondisi tatanan hidup baru ini katanya, Pemda belum mengambil kebijakan soal keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kita masih menunggu arahan pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan," katanya.

Selain itu lanjutnya, Pemkab Kuansing terlebih dulu akan menggelar rapat lintas sektoral yang melibatkan Forkopimda dan tokoh masyarakat dalam menyikapi kondisi new normal tersebut.

"Hasil dari rapat itu nantinya akan dibuat sebuah kebijakan," katanya.

Menyikapi tatanan kehidupan baru itu katanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Kuansing telah menyiapkan draf seperti apa pelaksanaan kegiatan belajar di tengah kondisi new normal Covid-19.

"Secara konsep kita sudah siapkan tinggal menunggu keputusan pimpinan saja. Kita berharap semua siap menghadapi tatanan kehidupan baru ini," katanya.(ms )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT