pacu jalur. ( ktc )

Pacu Jalur Rayon IV Dipusatkan di Pulau Komang

Rabu,03 April 2013 - 06:11:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Pacu jalur kecamatan  Rayon IV yang tahun ini dilaksanakan di kecamatan Sentajo Raya, oleh pemerintah kecamatan setempat rencananya dilaksanakan di desa Pulau Komang. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi yang paling representatif dibandingkan tempat lain yang ada di kecamatan ini.
" Namun karena gelanggang ini baru pertama kali menjadi arena pacu jalur rayon kecamatan, maka Panpel dan pemerintah kecamatan akan bekerja keras mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung agar pelaksanaan pacu jalur berjalan dengan lancar dan sukses,"ujar Camat Sentajo Raya, Andika Putra, Rabu ( 3/4 )  siang.
Sebelum ditetapkan ujarnya, Panpel dan pihak kecamatan sudah beberapa kali melakukan survey di desa tersebut, terutama untuk memastikan kondisi gelanggang terutama debit air Kuantan saat tinggi dan rendah masih layak untuk digunakan sebagai arena pacu, selain masalah akses transportasi menuju gelanggang tersebut, keamanan dan sarana prasarana pendukung lainnya seperti tribun finish, tribun start dan tribun penonton.
" Dari hasil pemantauan saat air naik ( banjir ), kondisi gelanggang masih dapat digunakan, yang justru Kita khawatir saat musim kemarau,"ujarnya.
Untuk masalah alur sungai ujarnya memang harus dikondisikan agar semakin lurus dan tidak berbelok. Sebab di lapangan memang masih ditemukan adanya tebing sungai Kuantan yang berkelok yang terbentuk secara alami. " Untuk alur memang panpel perlu kerja keras agar semakin reprsentatif, namun tetap dapat digunakan dengan kondisi saat ini, yang Kita inginkan alurnya maksimal, tapi memang perlu dikondisikan,"ujarnya.
Mengenai masalah akses penonton yang ingin masuk ke arena ini, sudah pula memadai. Karena sudah ada jalan yang tembus dari desa Pulau  Komang menuju desa Koto Sentajo. Hanya saja yang sedang dibahas saat ini apakah perlu pemberlakuan satu arah masuk dan keluar ke arena ini untuk menghindari kemacetan.
Selain Pulau Komang ujarnya ada alternatif lain yakni di Kuantan Putui, namun tempat jalur antre menunggu pacu sudah sampai ke desa Karak bahkan Sawah Kuantan Tengah. Karena itu tampaknya Pulau Komang merupakan alternatif yang tepat sebagai arena pacu jalur di Rayon IV yang meliputi kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Singingi dan Singingi Hilir.
Mengenai bangunan untuk dewan hakim, Panpel dan utusan jalur di start dan finish menurutnya belum ada bangunan permanen seperti kecamatan lain, namun hal ini bisa diatasi dengan membangun bangunan sementara. Untuk tribun penontong tampaknya juga tidak menjadi permasalahan sebab, umumnya warga membangun tribun untuk disewakan kepada penonton.
" Mengenai jadwal pacu di rayon IV sesuai SKP Bupati akan dilaksanakan dari tanggal 1 sampai dengan 3 Juli 2013 mendatang, jadi waktu tersisa 2 bulan akan dimanfaatkan untuk membenahi sarana dan prasarana yang ada,"pungkasnya. ( isa  )

Jadwal Pacu Jalur Rayon dan Nasional Tahun 2013

Rayon I di Kecamatan Inuman , tanggal 13 - 15 Juni.

- Rayon II di Kecamatan Gunung Toar , Tanggal 18 - 20 Juni.

- Rayon III di Kecamatan Pangean , Tanggal 25 - 27 Juni.

- Rayon IV di Kecamatan Sentajo Raya , Tanggal 1 - 3 Juli.

- Pacu Jalur Even Nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan akan di adakan pada tanggal 22 - 25 Agustus.

 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT