2 Napi Rutan Teluk Kuantan sedang membuat Batako dan Paving Block. ( yus )

Napi Rutan Cabang Teluk Kuantan Kelola 4 Jenis Usaha

Rabu,02 April 2013 - 03:35:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN - Pembinaan yang dilakukan Cabang Rutan Negara ( Rutan ) Teluk Kuantan terhadap para warga binaan selama ini, menuai hasil. Para Napi mampu membuat dan menjual paving block dan Batako, begitu juga siap melayani cuci kenderaan dan jasa las bagi warga yang membutuhkannya.
KuansingTerkini.Com yang bertandang ke Cabang Rutan Teluk Kuantan, Selasa siang melihat setidaknya 2 Napi tengah membuat paving blok dan Batako diatas tenda berukuran 3 x 4 disamping kanan Rutan Teluk Kuantan dekat TK Pertiwi Teluk Kuantan.
Para Napi terlihat sedang mengaduk semen dan juga meletakkannya ke alat cetak paving blok dan Batako , kemudia menyusun di lokasi yang sudah ditentukan. Terlihat ratusan paving blok dan Batako yang sudah siap cetak teronggok didekat mereka untuk dijual. Untuk paving blok mereka menjual Rp 800,- per buah sedangkan Batako Rp 1000,- per buah sudah diangkut ke mobil.
Disamping pondok paving blok dan Batako juga ada bengkel las yang juga dioperasikan oleh para Napi. Bengkel las ini siap menerima pesanan dari masyarakat. Selain itu ada cucian untuk sepeda motor yang terdapat di depan Rutan, untuk sekali cuci dikenakan tarif Rp 5000,-.
Kacab Rutan Teluk Kuantan,Hendro SN. Amd.S.Sos. M.Si di Teluk Kuantan, Selasa siang (2/4) , mengakui saat ini ada setidaknya empat jenis usaha yang dikelola  Rutan bersama Napi yakni pembuata paving blok, batako, las dan cucian motor.
Program tersebut ujarnya, merupakan bagian dari usaha untuk menggesa dan membuat para Napi menjadi mandiri  sebelum bebas dan kembali ketengah -tengah masyarakat.
" Kegiatan Pembinaan Kemandirian tak lain untuk Napi itu sendiri yakni setelah mereka bebas nantinya mereka bisa bekerja dan mandiri,"ujarnya.
Ditambahkannya, hasil produksi Napi ini seperti membuat Batako dan Vaping Block hasil nya dijual dengan harga lumayan murah dibandingkan dengan harga yang ada dipasaran. Selain pembinaan, para Napi juga diberikan keuntungan dari hasil usaha ini.
" Jadi mereka selain mendapat ilmu juga mendapatkan penghasilan, dan juga dapat  mengisi waktu dalam masa penahanan dengan hal-hal yang positif,"ujarnya.
Mengenai jumlah Napi yang ada di Rutan Cabang Teluk Kuantan saat ini, ujarnya, terdiri dari 168 orang pria dan 3 orang wanita. " Jadi total warga binaan ( Napi ) sebanyak 171 orang,"ujar Hendro mengakhiri. ( yus )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT