Ilustrasi. gosumut

Berdayakan Kontraktor Lokal Untuk Serap Pengangguran di Kuansing

Jumat,26 Desember 2019 - 09:46:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kontraktor.lokal harus didukung dan diberdayakan mengerjakan proyek-proyek dikabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing).

Dengan banyaknya kontraktor lokal mengerjakan proyek akan dapat menyerap tenaga kerja sekaligus meningkatkan volume jual beli para pedagang barang bangunan di daerah ini.

" Kualitas kontraktor lokal harus ditingkatkan melalui pelatihan atau Bimtek. Kalau tidak, mereka akan jadi penonton dinegeri sendiri,"ujar mantan ketua komisi C DPRD Kuansing, Andi Cahyadi.

Ia menyadari sekarang ini lelang proyek dilakukan melalui LPSE. Karena itu faktor kualitas kontraktor lokal perlu terus ditingkatkan agar mereka dapat bersaing secara profesional.

" Kalau bukan Kita yang meningkatkan kualitas mereka siapa lagi terutama pemerintah dan asosiasi,"ujarnya.

Jika kontraktor lokal yang mengerjakan proyek menurutnya cenderung akan menggunakan tenaga kerja dari lokal mulai dari tukang, mandor atau pengawas. Hal ini akan mengurangi pengangguran yang semakin banyak.

Sebaliknya katanya kalau kontraktor luar tentu mereka membawa pekerja yang biasa bekerja dengan mereka juga.

Begitu juga sambungnya jika kontraktor lokal yang mendapat proyek pembelian bahan bangunan dari toko-toko lokal. Karena para kontraktor biasanya juga mengambil barang ditoko langganan. Apalagi ditoko langganan bisa berhutang terlebih dulu.

" Ini akan menambah volume jual beli pemilik usaha barang bangunan di Kuansing,"ujarnya.

Dampak lainnya kata Andi menambah peluang kerja dan penghasilan buruh angkut, pemilk kenderaan lansir dan lainnya. Begitu juga peredaran uang ditengah masyarakat bertambah.

" Mau tak mau kontraktor lokal harus diberdayakan,"katanya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT