iluistrasi PPL. ( isa )

64 PPL Perkebunan Dioptimalkan Layani Petani

Kamis,21 Maret 2013 - 06:22:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - 64 orang petugas penyuluh (  PPL ) perkebunan yang saat ini tersebar di 15 kecamatan dioptimalkan dalam rangka mendukung tugas-tugas penyuluhan bagi pekebun yang ada di seluruh Kuansing.
" Kalau dari jumlah desa memang kurang, tapi walaupun demikian 64 orang PPL yang ada dirasakan memadai untuk melaksanakan tugas-tugas penyuluhan kepada masyarakat yang memiliki usaha perkebunan,"ujar Kadis Perkebunan Kuansing, H Wariman DW , SP, MM melalui Kabid Pembinaan dan Pengawasan Usaha Perkebunan, Ir Pramudio Nandar, Kamis ( 21/3 ) di ruang kerjanya.
Karena menurutnya, penempatan PPL diposisikan pada peran strategis dimana daerah tersebut memang memiliki usaha perkebunan terutama masyarakat terlebih yang sedang melakukan peremajaan dan pembangunan kebun baik itu kebun kelapa sawit, kebun karet, kakao dan komoditas usaha perkebunan yang lainnya.
" Kan tidak semua desa di kecamatan yang sedang melakukan kegiatan usaha perkebunan, karena itu jumlah yang ada dirasakan cukup memadai,"ujarnya.
Diakuinya 64 PPL yang ada ini merupakan jumlah idel semasih kecamatan sebanyak 12 buah, dan sekarang sudah menjadi 15 kecamatan. Walaupun sudah menjadi 15 kecamatan ujarnya, 64 PPL yang ada tersebut selama ini menangani Kuansing secara keseluruhan.
" Untuk diketahui 64 orang tersebut sudah termasuk Kacab Dinas Perkebunan, karena yang bersangkutan juga berperan sebagai PPL,"ujarnya.
Menurut Pramudio Nandar, keberadaan PPL memang sangat diharapkan masyarakat, apalagi dalam musim tanam. Mereka banyak berkonsultasi dengan PPL mengenai cara menanam yang baik dan juga merawat komoditi perkebunan yang ada.
Disamping itu ujarnya, PPL juga banyak diminta masyarakat untuk menangani hama yang ada. Karena hama penakit kadang-kadang secara tidak terduga menyerang tanaman perkebunan. " Banyak yang meminta saran kepada PPL Perkebunan cara mencegahnya,"ujar Pramudio Nandar.
Karena itu katanya pihaknya akan selalu berusaha meningkatkan pengetahuan dan ilmu para PPL melalui berbagai saluran pembinaan, apalagi perkembangan ilmu dan tekonologi serta permasalahannya juga cukup banyak. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT