Peresmian Puskesmas rawat inap Gunung Toar

Bupati Resmikan Puskesmas Rawat Inap Gunung Toar

Senin,02 Desember 2019 - 10:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

KAMPUNG BARU - Bupati Kuantan Singingi ( Kuansing), H. Mursini, meresmikan gedung rawat inap Puskesmas Kecamatan Gunung Toar sekaligus peningkatan status UPTD Puskesmas dari rawat jalan menjadi rawat Inap.

Menurut Bupati, UPTD Gunung Toar memiliki andil cukup besar, karena dapat menurunkan jumlah kematian serta meningkatkan cakupan program pelayanan kesehatan, secara keseluruhan melalui upaya promotif dan preventif serta memberdayakan masyarakat.

Oleh karena itu, katanya untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan dengan meningkatkan sarana dan prasarana bidang kesehatan, distribusi bidan desa ke seluruh desa di Kuansing serta didukung jaminan persalinan.

" Maka Germas yang sudah dicanangkan 2017 lalu, dan juga sudah memiliki Forum Germas dan diikuti sosialisasi Kabupaten dan Kota Sehat, akreditasi Puskesmas dan berbagai program lainnya sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,"kata Bupati.

Namun demikian katanya masih banyak yang harus dibenahi karena masih ada angka lematian Ibu sebanyak 9 Kasus, kematian bayi sebanyak 63 Kasus, kematian Balita sebanyak 5 Kasus dengan gizi kurang, dan gizi buruk ada 5 Kasus serta situnting sebanyak 18 Persen.

Hal ini disebabkan, kata Bupati belum seluruh pertolongan persalinan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dan difasilitasi kesehatan.

" Masih banyak pertolongan dilakukan oleh yang tidak terampil, termasuk di Gunung Toar ini. Tahun ini saja ada 22 Persalinan, yang ditolong oleh Tenaga yang tidak terampil,"ujarnya. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT