Andi Putra saat menjajal permainan air

Agar Makin Maju, Danau Soriak Dikombinasikan Wisata Keliling Kampung

Senin,18 November 2019 - 09:46:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

SUNGAI SORIAK - Danau Soriak di kecamatan Kuantan Hilir Seberang salah satu potensi pariwisata di Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau. Namun harus disempurnakan dengan memperluasnya menjadi kawasan pariwisata sehingga lebih menambah daya tarik bagi pengunjung karena banyak alternatif kedepannya.

Hal tersebut dikatakan ketua DPRD Kuansing Andi Putra saat mengunjungi objek wisata ini usai menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW didesa Pulau Baru, Minggu ( 17/11/2019 ).

“ Kalau danau Soriak kan objek wisata, jadi harus diperluas menjadi kawasan pariwisata. Ada sektor penunjang lainnya tidak hanya danau Soriak,”katanya.

Objek penunjang lainnya yang mendukung disini seperti wisata keliling kampung. Menurutnya konsep wisata keliling kampung sudah digarap di pulau Jawa, Bali, NTB dan menarik turis asing dan pelancong dalam negeri.

“ Dengan menggunakan sepeda onthel, sepeda motor yang dipakai Trabas, kenderaan ATV, odong-odong atau kenderaan adventure berkelling desa atau gowes ke kampung,”ujarnya.

Dengan demikian pengunjung dan pelancong dapat melihat kehidupan suasana kampung dan bisa berinteraksi sekaligus.

" Bagi yang ingin menderas karet, memberi makan ikan, menanam padi, memanjat pohon kelapa, memberi makan ternak ya silahkan. Bagi yang mau mencabut ubi kayu, mengambil lengkuas dan jahe dan memetik buah kampung silahkan. Pas musim durian mau ikut merasakan menggalang durian ya silahkan,"ujarnya.

Begitu juga rutenya dapat melalui rumah-rumah godang, istana Rajo atau tempat bersejarah lainya. Sehingga saat keliling desa, pelancong dapat melihat suasana desa dan aktifitas desa serta bisa ikut mencoba secara langsung.

Menurutnya pariwisata akan semakin maju dan didukung masyarakat setempat jika semakin banyak pihak dilibatkan dan dampaknya meluas.

Dengan demikian semakin banyak yang terlibat disekitar danau Soriak dan semakin banyak yang terdampak.

Jika diterapkan katanya, maka akan banyak alternative yang dapat digunakan selain mengunjungi danau Soriak.

Karena itu dirinya mengapresiasi pengembangan objek wisata danau Soriak oleh pemerintah dan warga desa setempat.

Juga untuk menunjang kemajuan wisata ini ujarnya agar masyarakat didesa Sungai Soriak harus lebih dulu sadar wisata, artinya bersikap ramah terhadap pengunjung, tidak membuang sampah dan kotoran di areal danau, dan yang utamakan tidak melakukan pungutan berkali kali terhadap tamu.

Tak lupa Ia mengharapkan pemerintah desa diharapkan membangun fasilitas umum terutama MCK yang memadai, serta fasilitas penunjang lainnya untuk kemajuan destinasi wisata ini.

“ Jika semua ini sudah terpenuhi, saya sangat yakin Sungai Soriak bakal maju pesat,”tutupnya sambil menegaskan bakal mendukung upaya memajukan objek wisata ini sekaligus mengajak warga berkunjung dan membantu promosi.

Sementara Kades Sungai Soriak, Sariyono mengapresiasi kehadiran Ketua DPRD Kuansing karena bisa menjadi motor penggerak untuk promosi daerah wisata mereka.

Ia berharap Ketua DPRD turut mempromosikan danau Soriak keluar daerah. Didampingi Kades, Andi Putra juga sempat menjajal beberapa permainan air yang tersedia, seperti bebek air. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT