Wanita Inggris Nyaris Diperkosa, Hotel India Kehilangan 'Bintang Tiga'

Wanita Inggris Nyaris Diperkosa, Hotel India Kehilangan 'Bintang Tiga'

New Delhi - India kembali digemparkan dengan insiden percobaan pemerkosaan terhadap seorang wanita Inggris di salah satu hotel di Agra, tempat beradanya monumen Taj Mahal yang tersohor itu. Insiden ini memicu sanksi tegas yang diberikan otoritas setempat. Kementerian Pariwisata India mencopot rating 'bintang tiga' yang selama ini disandang Hotel Agra Mahal tersebut.

Kementerian juga mengeluarkan surat peringatan kepada pihak hotel yang isinya menanyakan pembelaan pihak hotel soal mengapa surat izin hotel tersebut tidak harus dicabut. Demikian seperti dilansir news.oneindia.in, Rabu (20/3/2013).

Menteri Pariwisata India K Chiranjeevi membahas isu tersebut dengan Menteri Dalam Negeri Sushilkumar Shinde. Mereka meminta adanya 'sistem yang tepat untuk memastikan keselamatan para turis yang ada di negara ini'.

Chiranjeevi mengutarakan kekhawatiran terhadap kurangnya keamanan dalam sektor pariwisata di India.

Dalam upayanya untuk meningkatkan keamanan di sektor pariwisata, Chiranjeevi menghubungi seluruh menteri negara di wilayah-wilayah India. Dia mendesak para pejabat daerah tersebut untuk menyusun mekanisme yang layak tentang keselamatan turis di wilayah masing-masing.

Tindakan tegas Kementerian Pariwisata ini menindaklanjuti insiden percobaan pemerkosaan yang dialami seorang turis Inggris di Hotel Agra Mahal pada Selasa (19/3) kemarin. Wanita berumur 25 tahun ini nekat melompat dari jendela kamar hotelnya di lantai satu karena ketakutan akan diperkosa.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu, mengalami luka-luka di kepala dan kedua kakinya patah dalam insiden itu. Sementara pelaku percobaan pemerkosaan dalam kasus ini telah ditangkap polisi. Diidentifikasi pelaku merupakan pria pemilik hotel tempat wanita tersebut menginap.( no/dtc/ktc )


Berita Lainnya

Index