Rektor Uniks saat membuka PKKMB

Kegiatan PKKMB Mahasiswa Baru UNIKS Ditutup dengan Sholat Istisqa

Selasa,16 September 2019 - 11:28:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Peralihan dari siswa ke mahasiswa adalah hal yang sangat ditunggu bagi setiap anak muda zaman sekarang.

Oleh setiap itu mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru ( PKKMB) yang merupakan kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru yang ada di semua kampus perguruan tingi di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Tidak kurang dari 297 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB) 2019 di Kampus UNIKS yang diselenggarakan selama 4 hari mulai dari tangg 10 hingga 13 September.

Acara PKKMB dibuka langsung Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi Ir. Hj. Elfi Indrawanis, MM yang didampingi oleh Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Dekan, ketua program studi, dosen, staf dan BEM dilingkungan Universitas Islam Kuantan Singingi.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan mahasiswa baru mereka yang mampu melampaui persaingan yang sangat ketat meraih tempat untuk belajar di universitas ini.

" Selamat datang di Universitas Islam Kuantan Singingi. Selanjutnya kami percaya bahwa anda akan menggunakan kesempatan ini untuk berkarya secara maksimal,"ucap Rektor.

Selanjutnya Rektor berpesan, khusus kepada mahaiswa baru untuk menjadi pemuda-pemuda yang tangguh, pemuda-pemuda yang fighter, pemuda-pemuda yang punya nyali.

“Jadilah kalian pemuda-pemuda yang Fathonah yaitu muslim yang cerdas, profesional dan pandai. Tabligh mahasiswa yang harus mampu menyampaikan yang benar dan berakhlak baik, bersyukur, pemaaf, sabar, santun dan bijak. Ketiga Shiddiq dan amanah artinya muslim yang bertanggung jawab, kuat, jujur, benar dan dapat dipercaya” tuturnya.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan bahwa sebagai warga negara Indonesia, semua elemen memiliki kewajiban bersama mensejahterakan bangsa Indonesia.

" Agar kewajiban Kita dapat dilaksanakan, Kami berharap anda dapat bekerja secara kreatif, inovatif dan ikhlas, dengan baik dan sungguh-sungguh tanpa melanggar rambu-rambu norma maupun aturan lainnya, sehingga karya yang bermakna dapat diwujudkan dan terukur. Negara kita membutuhkan para pembuat karya, bukan para pembeli. Kita membutuhkan pemuda-pemuda job creator bukan pemuda- pemuda job seeker,"ujar Rektor memotivasi.

Kegiatan PKKMB yang berlangsung selama selama emlat hari dengan pemberian materi dari internal Rektor Uniks, yayasan Uniks, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kadis Lingkungan Hidup dan yang lainnya.

Sementara pada kegiatan penutupan PKKMB Rektor yang di wakili oleh Wakil Rektor III. H. Fitrianto, S.Ag., M.Sh. dalam sambutan penutupan PKKMB tahun akademik 2019-2020 ini menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh panitia PKKMB yang bekerja setiap hari serta seluruh civitas akademika UNIKS yang saling bahu membahu untuk mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan PKKMB UNIKS tahun Akademik 2019/2020 ditutup dengan Sholat Istisqa di Masjid At Thalibin kampus UNIKS yang dipimpin langsung oleh Ustaz Helbi Akbar.

Dalam khutbahnya Ustad Helbi Akbar menyampaikan pesan bahwa sadar ataupun tidak musim kemarau panjang dan bencana asap yang sedang menimpa. Sesungguhnya cobaan yang ada saat ini sebagai akibat dari perbuatan diri sendiri yang telah menyimpang dari Sunnatullah.

Oleh karena itu, ujarnya mengingatkan bagi yang bermaksiat, berjudi, minum khamr untuk berhenti.

" Marilah kita segera bertobat, memperbaiki diri, memperbanyak istighfar, mengisi sisa hidup ini dengan amal shaleh dan nilai-nilai ketakwaan,"ajak Ustad Helbi. " Sehingga dengan demikian, semoga Allah selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada Kita, dan segera mengirim dan menurunkan hujan ke bumi. Aamiin,"ujarnya diakhir ceramah. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT