Salah satu rumah makan berhenti berusaha.

Ekonomi Lesu, Sejumlah Usaha Tutup

Jumat,13 September 2019 - 12:01:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Perkembangan ekomomi dan pendapatan masyarakat yang stagnan membuat sejumlah usaha dikota Teluk Kuantan gulung tikar. Usaha yang paling banyak gulung tikar dan terdampak, mereka yang berusaha dibidang makanan dan minuman.

Yang masih eksis pun terlihat cukup tertatih-tatih melanggengkan usaha mereka. Hanya beberapa rumah makan dan restoran masih eksis yang sudah memiliki nama. Sementara pelaku usaha baru yang mencoba mengadu peruntungan disektor ini banyak yang tidak bertahan.

Seperti pantauan disalah satu ruas jalan utama kota Teluk Kuantan, jalan Proklamasi. Salah satu rumah makan samping mesjid  Al-Furqan kelurahan Sungai Jering yang cukup cukup besar ini hanya mampu bertahan beberapa waktu saja namun akhirnya kemudian tutup.

Begitu juga kedai-kedai makan dan minuman yang dulu sempat ada diseberang mesjid Al-Furqan dekat balai pertemuan Abdoer Rauf dan depan klinik kesehatan juga tak mampu bertahan lama.

Tekanan juga dirasakan mereka yang berusaha dibidang harian. Kehadiran toko-toko modern disekitaran kota Teluk Kuantan yang padat modal membuat sedikit demi sedikit usaha mereka tergerus dan bangkrut. Mereka tak mampu bersaing dengan pengusaha yang padat modal tersebut.

Kelesuan ekonomi juga terlihat dari banyaknya rumah toko ( Ruko ) yang masih kosong tanpa penyewa dan aktifitas ekonomi disepanjang ruas jalan dikota ini yang memiliki Ruko. Padahal Ruko-ruko itu sudah cukup lama dibangun namun masih banyak yang kosong tanpa penyewa.

Anggota DPRD Kuansing, Jefri Antoni meminta pemerintah dan pengusah mencari tetobosan menggairahkan ekonomi demgan program-program yang menggerakkan pelaku UKM, misalnya dengan memperbanyak kegiatan atau iven dan mempercepat kemajuan sektor pariwisata yang membuat warga dari luar daerah dan Kuansing sendiri datang ke kota Teluk Kuantan untuk menggerakkan roda ekonomi dan peluang kerja.

Sebab bagi masyarakat lanjutnya yang paling penting bagi mereka pemerintah dan dunia swasta mampu membuka lapangan kerja dan lapangan usaha.

" Apalagi pengangguran banyak. Banyak yang sudah taman kuliah sekolah tetapi belum dapat kerja ya bagaimana sedihnya mereka dan orang tua yang sudah payah menyekolah atau menguliahkan anak. Bagi warga sederhana saja berpikir, cukup lapangan keja dan usaha lancar ya itu sudah sangat cukup bagi mereka ditengah situasi ekonomi yang sulit ini,"pungkasnya. ( isa )

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT