Gelanggang pacu jalur Datuak Rajo Simambang Nan Putia Sentra

Sentajo Raya Pertahankan Tradisi Hadiah Hewan Ternak di Pacu Jalur Rayon IV

Kamis,25 Juli 2019 - 11:46:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

SENTAJO - Ketua Umum Pacu Jalur Rayon IV Kuansing, Romi Alfisyah Putra SE memastikan, hadiah pacu jalur rayon IV Kuansing yang dilaksanakan di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya, 1 hingga 3 Agustus 2019 mendatang, bakal ditambah dengan hewan ternak.

Kebijakan ini katanya sebagai wujud  mereka dalam mempertahankan tradisi hadiah pacu jalur berupa hewan ternak yang sudah mulai ditinggalkan sejak beberapa tahun ini.

Sehingga Sentajo Raya yang dipercaya sebagai tuan rumah siap mengembalikan tradisi itu seperti semula.

"Tradisi hadiah kita dalam pacu jalur ini kan biasanya diiringi dengan hewan ternak. Dan kita di Sentajo Raya siap mempertahankan tradisi pacu jalur. Ada hewan ternak nanti sebagai hadiah tambahannya," kata Romi Alfisyah Putra kepada media  di Sentajo Raya, Rabu (24/7/2019) .

" Sejak dulu saat ada pawai atau arak-arak warga yang jalurnya menang selalu diiringi kenderaan pembawa ternak dan juga dilihat warga sepanjang jalan selain tonggol dan piala. Begitu juga saat sampai di kampung hadiah tenak juga  dilihat-lihat dan ini melengkapi sisi membuminya pacu jalur selama ini. Jangan sampai hilang hal-hal seperti ini,"sambungnya. 

Lanjutnya hadiah hewan ternak tentu sudah dipertimbangkan dengan arif dan bijak oleh orang-orang tua Kita dulu dan sebagai generasi penerus tradisi ini harus mempertahankannya.

 Penambahan hadiah untuk pacu jalur rayon IV Kuansing ini, menurut Romi, tidak untuk seluruh juara. Namun hanya diperuntukkan bagi jalur yang berhasil menduduki peringkat tiga besar. Juara 1, 2 dan 3. Tambahan hadiahnya hewan ternak berupa Kerbau dan Sapi.

"Ini adalah komitmen kita di Sentajo Raya dalam mempertahankan dan melestarikan tradisi pacu jalur di Kuansing. Dan menjadi tanggungjawab kita bersama untuk melestarikannya," ujar Romi.

Romi Alfisyah Putra pun menyatakan, bahwa Kecamatan Sentajo Raya sebagai tuan rumah pacu jalur rayon IV Sentajo Raya siap menghelat tradisi akbar masyarakat Kuansing.

Oleh sebab itu, Ia mengajak semua pihak untuk mendukung suksesnya helat pacu jalur di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah Sentajo Raya.

"Pacu jalur adalah ajang bagi kita untuk merajut silaturrahmi antar sesama kita yang berbeda desa di negeri jalur ini. Jadi, siapapun, dan jalur darimanapun yang berpacu nantinya di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah agar bersama-sama mensukseskannya. Dan mari rajut silaturrahmi sesama kita," harap Romi.

Selain besaran hadiah yang telah ditetapkan Pemkab Kuansing, diharapkan Romi Alfisyah Putra, penambahan hadiah hewan ternak berupa Kerbau dan Sapi untuk juara 1, 2 dan 3 hendaknya memotivasi bagi jalur-jalur yang ada di Inhu dan Kuansing untuk berpacu di rayon IV Kuansing ini.

"Insya Alllah. Kami yakin, pacu rayon IV bakal diikuti banyak jalur. Silahkan mendaftar," ajaknya juga. 

Sebelumnya, Camat Sentajo Raya Herman Susilo juga berharap dukungan semua pihak dalam mensukseskan helat pacu jalur rayon IV Kuansing di Sentajo Raya. "Mari sama-sama kita sukseskan pacu jalur rayon IV di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah Sentajo Raya," ajaknya.( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT