Pacu jalur rayon II hari kedua

3 Jalur Inhu Bakal Bersaing dengan 7 Jalur Kuansing Berebut Mahkota Juara Rayon II

Jumat,19 Juli 2019 - 08:23:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PANGEAN - Sepuluh jalur berhasil melaju ke hari final pacu jalur rayon II Kuansing di Tepian Rajo Pangean, yang akan dihelat Sabtu (20/7/2019).

Tiga diantaranya berasal dari Indragiri Hulu ( Inhu). Ketiganya akan bersaing ketat dengan tujuh jalur asal tuan rumah Kuansing merebut tempat terhormat juara satu.

Tiga jalur unggulan Inhu yang lolos itu Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri, Tuah Ratu Panglimo Nago dari Kecamatan Batang Peranap dan Batu Hijau Tuah Negeri dari Kecamatan Peranap.

Melihat jumlah jalur Inhu yang lolos ke final terbilang cukup banyak. Ini menandakan kekuatan mereka terus meningkat.

Sedangkan tujuh jalur Kuansing yang siap pula merebut juara masing-masing, jalur Limbago Sati Rantau Kuantan, Panglimo Mudo Bintang Nagori, Tigo Namo Tuah Nagori dari Kopah dan Selendang Putri Rano Biso dari Beringin Taluk.

Lalu Siposan Rimbo Pemprov Riau berstatus sebagai juara bertahan rayon II Kuansing 2018 dan Linggar Jati Adhyaksa Kuansing. Terakhir jalur kebanggaan warga Benai, Kahulu Jantan Danau Kompe.

Babak final rayon II tahun ini banyak sisi menarik. Selain banyaknya jalur asal Inhu yang lolos juga dominasi jalur asal kecamatan Kuantan Tengah.

Mereka berhasil meloloskan empat jalur dibabak final yakni Limbago Sati Rantau Kuantan, Panglimo Mudo Bintang Nagori, Tigo Namo Tuah Nagori dari Kopah dan Selendang Putri Rano Biso dari Beringin Taluk.

Ini menandakan kebangkitan jalur-jalur asal Kuantan Tengah khususnya jalur asal Kenegerian Kopah.

Karena itu babak final diprediksi bakal dibanjiri penonton baik dari Kuansing maupun Inhu. Karena masing-masing suporter akan memberi dukungan buat kejayaan jalur idola mereka dan nama harum kedua kabupaten.

Selain memberi support mereka tentu ingin menjadi saksi mata perjuangan jalur kesayangan mengukir prestasi gemilang apalagi sampai meraih juara yang dipegang Siposan Rimbo. Tidak ada yang tidak mungkin semua bisa terjadi digelanggang.

Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra SE bersyukur pacu jalur hari kedua berjalan aman dan lancar.

Hal ini menurutnya tidak terlepas dari dukungan para pengurus dan atlit jalur serta semua pihak yang terlibat dalam suksesi pesta akbar tradisi asli masyarakat Kuansing ini.

Pacu jalur hari final bakal menarik disaksikan. Pasalnya, jalur-jalur yang digadang-gadang bakal menjadi kandidat juara berhasil melaju ke hari ketiga.

Oleh sebab itu, Camat Pangean mengimbau masyarakat atau penonton untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat menyaksikan pacu.

"Alhamdulillah. Ini berkat dukungan semuanya. Dan terkhusus untuk seluruh jalur yang berpacu yang komit mensukseskan helat ini. Mari kita sukseskan hingga selesainya pelaksanaan pacu di Tupian Rajo Pangean," ucap Camat Pangean.( rls)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT