Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

PKK Taja Lomba UP2K dan BKB se-Kuansing

Selasa,18 Maret 2013 | 07:41:00   Dibaca: 442 kali
PKK Taja Lomba UP2K dan BKB se-Kuansing
Ket Foto : Ketua TP PKK Hj Juita Alfis Sukarmis bersama para anak-anak TK. ( isa )
TELUK KUANTAN - Tim penggerak PKK Kuansing bersama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPMPKB ) Kuansing menggelar lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga  ( UP2K ) dan bina keluarga balita ( BK B ) serta kader-kader PKK tingkat desa se-Kuansing.
Kegiatan ketiga lomba tersebut telah  dilaksanakan di 4 kecamatan masing-masing  desa Sungai Sirih Kecamatan Singingi, desa Sumber Jaya kecamatan Singingi Hilir, kecamatan Cerenti dan di desa Koto Inuman Kecamatan Inuman. Pada hari Senin ( 18/3 ) kemaren kembali dilaksanakan di dua desa masing-masing desa Lumbok Kecamatan Kuantan Hilir Seberang dan desa Kampung Medan Kecamatan Kuantan Hilir. Penilaian terhadap lomba bagi UP2K, BKB dan kader-kader PKK di dua desa tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kuansing HJ Juita Alfis Sukarmis, Kepala BPMPKB Kuansing Drs Asharuddin, Camat Kuantan Hilir Drs Masran Abdullah dan Camat Kuantan Hilir Seberang Drs Jhon Hendri.
Menurut Juita Alfis Sukarmis saat berada di dua desa tersebut, penilaian terhadap peserta lomba UP2K, BKB dan kader-kader PKK merupakan salah satu cara untuk menentukan wakil dari Kuansing yang akan mengikuti lomba serupa nantinya untuk tingkat provinsi. Oleh sebab itu masing-masing satu kecamatan menunjuk satu desa yang akan diikutsertakan dalam penilaian oleh tim.
" Jadi secara bertahap nanti tim penilai akan turun ke lapangan melakukan penilaian di desa yang telah ditunjuk kecamatan sebagai wakil mereka di 15 kecamatan,"ujarnya.
Untuk lomba UP2 K sebut Juita penilaiannya tentu kemampuan UP2K yang telah ditunjuk untuk mengembangkan potensi usaha ekonomi dan usaha produktif rumah tangga yang ada di masing-masing desa dalam rangka ikut serta memberdayakan potensi ekonomi desa dan peningkatan pendapatan rumah tangga.
Untuk kegiatan BKB ujarnya tentu saja menilai kemampuan warga dan kader dalam membina keluarga Balita yang telah ditetapkan standarnya. Untuk lomba kader-kader PKK tentu saja kemampuan aktif mereka sebagai kader PKK di desa dalam melaksanakan tugas dan peran yang mereka emban.
Namun yang lebih penting selain lomba ujarnya, melalui kegiatan tersebut, tim penggerak PKK Kuansing ujarnya dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk menjalin silahturahmi dan memberikan pembinaan terhadap kader UP2K, BKB dan kader-kader PKK seluruh Kuansing.
" Selain itu tentu saja dapat menyerap aspirasi pada kader-kader PKK yang ada di desa yang berhadapan langsung dengan masyarakat,"pungkasnya. ( isa )





Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus