Jalur latihan di Tupian Rajo Pangean

Pacu Rayon II Diikuti 76 Jalur, Jalur Unggulan Saling Berhadapan

Rabu,17 Juli 2019 - 10:19:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PANGEAN - Sebanyak 76 jalur dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu akan berpacu menjadi yang tercepat di ajang pacu jalur rayon 2 Kuansing, yang dihelat di Tepian Rajo Pangean, 18 hingga 20 Juli.

Hasil pencabutan undian usai technical meeting yang dibuka Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra SE bersama Ketua Umum Panitia Pacu Jalur Rayon II Kuansing Aswandi beserta upika di aula Kantor Camat Pangean, Rabu (17/7/2019), sejumlah jalur unggulan harus saling berhadapan pada hari perdana, Kamis (18/7/2019).

11 kecamatan di Kabupaten Kuansing ikut serta diajang pacu rayon II ini dan dua kecamatan dari Kabupaten Inhu yang mengutus jalurnya untuk berpacu di Tepian Rajo Pangean ini.

Jalur dari Kuansing itu berasal dari Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Pangean, Logas Tanah Darat, Inuman, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, dan Cerenti.

Sedangkan dari Inhu berasal dari Kecamatan Peranap dan Batang Peranap.

Sejumlah jalur unggulan yang saling berhadapan itu, antara lain, ada jalur andalan Inuman, Dek Lasak Untuang Jadi berpacu dengan salahsatu jalur unggulan dari Cerenti, Untuang Jadi Tuah Nagori. Keduanya berpacu di hilir ke-3. Kemudian, jalur andalan Benai,

Kahulu Jantan Danau Kompe harus melewati haluan jalur andalan dari Gunung Toar, Tombak Sati Bukik Siguntur. Hilir lainnya yang menyajikan laga seru adalah, mempertemukan jalur unggulan dari Kuansing dan Inhu. Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Kuantan Tengah dengan jalur Batu Hijau Tuah Nagoghi dari Baturijal Inhu di hilir ke-15. Disusul hilir ke-16.

Toduang Bakotat Sirajo Alam dari Pangean berhadapan dengan Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo dari Cerenti. Dan yang lebih seru, Tuah Koghi Dubalang Ghajo dari Kari Kuantan Tengah harus berlawanan dengan Siposan Rimbo Pemprov Riau dari Pauh Angit Pangean di hilir ke-18. Hilir seru lainnya.

Jalur andalan Pangean, Terusan Nago Sati berhadapan dengan jalur unggulak dari Sentajo Raya, Puntiang Baliyuang Sirajo Beleng di hilir ke-24.

Kemudian, hilir ke-29 tak bisa dilewatkan. Pasalnya, jalur andalan dari Kopah Kuantan Tengah, Panglimo Mudo Bintang Nagori harus berlawanan dengan jalur andalan Pangean, Kilek Keramat Muaro Laii Pemprov Riau.

"Banyak laga seru di hari pertama. Jalur-jalur unggulan saling berhadapan. Sehingga membuka peluang bagi jalur lain untuk bisa melaju ke hari berikutnya," kata Ketua Umum Aswandi kepada media usai technical meeting.

Senada dengan itu, Pemerhati Pacu Jalur, Icet Sempana juga menilai, jalannya hilir demi hilir pacu hari pertama rayon 2 Kuansing ini banyak menyajikan laga seru. Sehingga menurutnya, bagi masyarakat yang hobi dengan pacu jalur, tak bisa melewatkan hilir demi hilir di hari pertama itu.

"Banyak jalur laju bertemu sesama jalur laju di hari pertama. Ini menarik disaksikan. Langsung ada putaran final dini di hari pertama," ungkap Icet.(rls)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT