Bakhtiar Saleh

Berangkat Pukul Empat Dinihari ke Batam, JCH Kuansing Diminta Jaga Kesehatan

Rabu,17 Juli 2019 - 03:20:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - 288 jemaah calon haji ( JCH) Kuansing harus menjaga kesehatan. Pasalnya sejumlah waktu keberangkatan membutuhkan fisik yang prima.

" Seperti waktu keberangkatan ke Batam dari Pekanbaru. Selasa dini hari sudah harus ke bandara SSQ karena pukul 04 dinihari sudah bertolak ke Batam dengan pesawat,"ujar Kepala Seksi (Kasi) Haji Kemenag Kuansing Bakhtiar Shaleh kepada wartawan, Rabu ( 17/7/2019).

Sebelumnya, kata Bakhtiar, JCH akan diberangkatkan dari Kuansing ke Pekanbaru, Minggu (21/7/2019) sekira pukul 09.00 WIB dari masjid Agung Kuansing. Jamaah diberangkatkan dengan menggunakan delapan bus dari Kota Telukkuantan ke Kota Pekanbaru, terdiri tujuh bus besar dan satu bus menengah.

"Menunggu masuk asrama haji, jamaah kita inapkan di Hotel Aryaduta," katanya.

Masih kata Bakhtiar, setelah menginap satu malam di Hotel, Senin (22/7/2019) pagi sekira pukul 09.00 WIB jamaah masuk ke Asrama Haji Antara.

"Di Asrama Haji, jamaah akan menerima gelang, kartu kesehatan, dan living cost dari PPIH," katanya.

Setelah istirahat di Asrama Haji Antara, Selasa (23/7) dini hari tutur Bakhtiar jamaah Kuansing harus bersiap menuju bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru untuk berangkat ke Bandara Hang Nadim Batam.

"Saat menunggu pemberangkatan itu, jamaah harus menjaga kesehatan dan kebugaran. Karena terbang ke Batam sekira pukul 04.00 WIB pagi. Sedangkan persiapan ke bandara dari embarkasi sudah dimulai pukul 03.00 dini hari ," katanya.

" Sesampai di Batam transit sebentar lalu terbang lagi ke tanah suci,"lanjutnya. 

Menyikapi padatnya jadwal menjelang pemberangkatan, Bakhtiar berpesan kepada calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan.

Ia juga berharap waktu yang tersisa itu dimanfaatkan untuk jaga kebugaran. Sehingga saat pemberangkatan ke tanah suci dalam kondisi fit siap secara fisik.

"Persiapan mental spiritual sudah ditata dari awal. Tinggal kondisi fisiknya dijaga sebaik-baiknya,” katanya.

Menurutnya jamaah Kuansing terbagi dalam dua kelompok terbang (Kloter) yakni kloter 19 dan 20 Embarkasi Antara Provinsi Riau.

Bakhtiar Shaleh mengatakan serangkaian persiapan sudah dilakukannya menjelang keberangkatan yang tinggal beberapa hari. Mulai dari praktek manasik, termasuk praktek langsung di Kemenag Kuansing.

"Persiapan sudah dilakukan, manasik sudah, praktek sudah, tinggal berangkat lagi," kata Bakhtiar. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT