Sungai Kuantan di kawasan Benai. ( isa )

Hasil Uji Lab, Sungai Kuantan Positif Tercemar Air Raksa

Jumat,14 Maret 2013 - 08:32:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN- Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi akhirnya mengumumkan hasil uji laboratorium yang diambil dari sampel air sungai kuantan dan menyatakan air sungai kuantan atau yang sering disebut sungai Indragiri positif telah tercemar logam berat atau air raksa.
Kadar air raksa yang ditemukan pada air sungai Kuantan telah melebihi kadar maksimum 00,1 kandungan logam berat air raksa yang diperboleh. Pasalnya setelah diuji lab diatas kadar nya mencapai 00,2 lebih, atau lebih tepatnya air sungai telah melabihi ambang batas dan pencemaran air raksa sudah parah.

Hal ini diakui Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, dr Reza Tjahyadi yang dihubungi wartawa, Kamis (14/3) siang. Diakuinya dari hasil tes labor yang telah keluar positif telah tercemar air raksa atau logam berat. Maraknya aktivitas PETI menggunakan mesin dompeng ini sebagai salah satu penyebab. Diduga para pelaku ini telah menggunakan air raksa saat melakukan pencucian emas.,"Air sungai Kuantan positif telah tercemar logam berat atau air raksa,"kata Reza.

Menurut dia pecemaran terjadi akan berdampak buruk pada ekosistem sungai dan terhadap ikan-ikan bisa mengandung logam berat dan bisa merusak terhadap kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya.

Sebab, semakin banyak sedimen dalam air sungai dan keruh sehingga oksigen akan berkurang, ditambah dengan terus masuknya logam berat akibat aktivitas penambang.

Menurutnya, dampak air raksa ini akan dirasakan masyarakat 5 atau 10 tahun mendatang, dimana akibat air raksa terjadi kerusakan pada ginjal manusia, terkena lever, iritasi terhadap kulit. Kemudian juga akan berdampak pada ibu hamil dengan melahirkan anak cacat,"saya sudah lapor ke pak Bupati,"pungkasnya. ( isa )





Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT