Kuansing Dapat Tambahan Jatah 62 Jamaah Calon Haji

Kuansing Dapat Tambahan Jatah 62 Jamaah Calon Haji
JCH Kuansing dimesjid agung

TELUK KUANTAN - Penambajan kuota 10 ribu kursi jamaah calon haji ( JCH )dari pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia, memberi dampak pula bagi waega kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau. Kuansing mendapat jatah tambahan kursi JCH sebanyak 62 orang

Menurut Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Kuansing, Bakhtiar Shaleh kepada wartawan menyebutkan , tambaham 62 JCH akan diberangkatkan secara bersamaan dengan ratusan JCH yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Iya. Bulan Juli ini berangkat. Terkait keberangkatannya, tetap sama dengan JCH yang sudah dijadwalkan. Tambahan 62 tersebut berasal dari permintaan pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi beberapa waktu lalu," kata Bakhtiar.

Bakhtiar melanjutkan, dari 62 kuota tambahan tersebut, setengahnya diperuntukkan bagi CJH lanjut usia (lansia) dan pendampingnya.

Mereka yang masuk kategori lansia adalah yang berusia di atas 75 tahun dan mendaftar sebelum 1 Januari 2017 lalu. Sedangkan sisanya untuk CJH reguler.

"Dari jumlah kouta penambahan tersebut, tidak semuanya berangkat. Pasalnya, hanya 57 jamaah yang sudah melakukan pelunasan BPIH tahap kedua. Sedangkan lima orang mengundurkan diri karena berbagai hal. Mulai dari hamil hingga sakit stroke," kata Bakhtiar.

Dengan demikian, lanjut Bakhtiar, dari penambahan kouta itu, maka jamaah Kuansing yang akan menunaikan haji tahun ini bertambah menjadi 282 jamaah.

"Sebelum ada penambahan, jamaah kita hanya 225 orang. Setelah ditambah kouta tambahan 57 orang, maka total jamaah kita menjadi 282 orang," kata Bakhtiar. ( mad )

Berita Lainnya

Index