PPP dan Gerindra Pertahankan Posisi Wakil Ketua DPRD Kuansing

PPP dan Gerindra Pertahankan Posisi Wakil Ketua DPRD Kuansing
Rapat pleno KPU

TELUK KUANTAN - Hasil yang diraih masing-masing Parpol pada Pemilu legilslatif 17 April lalu kembali membuka jalan bagi PPP dan Gerindra mempertahankan jabatan wakil ketua I dan II DPRD Kuansing.

Untuk posisi ketua DPRD sudah berada ditangan kader-kader partai Golkar yang meraih enam kursi. Sedangkan PPP dan Gerindra masing-masing empat kursi. Sebenarnya selain PPP dan Gerindra, PAN, Nasdem dan Demokrat juga mendapat empat kursi. Tetapi PPP dan Gerindra unggul dalam jumlah perolehan suara secara umum.

Oleh sebab itu formasi pimpinan DPRD Kuansing periode 2019-2024 sama dengan periode 2014-2019. Ketua dari Golkar dan wakil ketua dari PPP dan Gerindra. Yang menarik justru figur pimpinan DPRD Kuansing selanjutnnya.

Andi Putra diperkirakan kembali diusung menjadi ketua. Namun kemungkinan enam bulan setelah dilantik akan ada wajah baru menggantikan Andi Putra yang diprediksi maju dalam Pilkada.

Begitu juga figur wakil ketua dipastikan diisi wajah baru. Sardiyono yang sebelumnya menjadi wakil ketua I DPRD Kuansing dari PPP  pada Pemilu kali ini terpilih menjadi aggota DPRD Riau berpeluang diganti kader senior PPP seperti yang sudah dua dan tiga peridoe menjadi legislator Kuansing

. Sdangkan figur wakil ketua DPRD dari Gerindra mengarah kepada Juprizal yang merupakan ketua DPC Gerindra Kuansing. Jiorrizal yang terpilih dari Dapil IV akan menggantikan Alhamra yang pada Pemilu 2019 tidak lagi ikut bertarung bersama koleganya yang lain.

Dari hasil pleno KPU Kuansing tentang rekapitulasi penghiungan suara Pilpres, DPD, DPRD Provihsi dan DPRD kabupaten dan kota yang berakhir Minggu ( 5/5/2029) dinihari sekira pukul 03.20 Wib. Partai Golkar diperkirakan mendapat dua kursi di Dapil Kuansing I ( Kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya dan Benai), Golkar meraih 10.045 suara dengan potensi dua kursi.

Di Dapil Kuansing II (Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Pangean, Inuman dan Cerenti), Golkar juga diperkirakan meraih dua kursi dengan raihan 9.784 suara. Dapil Kuansing III (Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Hulu Kuantan), Golkar tidak mendapatkan kursi. Di Dapil Kuansing IV (Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir), Golkar diperkirakan meraih dua kursi dengan 6.962 suara dengan total 29. 253 suara.

PPP diperkirakan meraih empat kursi. Di Dapil Kuansing I, PPP meraih satu kursi dengan 6.041 suara. Kemudian Dapil Kuansing II, satu kursi dengan 6.712 suara. Dapil Kuansing III, satu kursi dengan 4.189 suara. Dan Dapil Kuansing IV, satu kursi dengan 3.323 suara. Total suara yang diraih partai berlambang Ka’bah ini 20.265 suara.

Selanjutnya, Partai Gerindra diperkirakan meraih empat kursi. Di Dapil I, Partai Gerindra mendapat satu kursi dengan 4.024 suara. Dapil Kuansing II, satu kursi dengan 6.633 suara. Dapil Kuansing III, satu kursi dengan 3.826 suara. Dapil Kuansing IV, satu kursi dengan 4. 057 suara. Total Raihan suara 18.540 suara.

Partai Nasdem, meraih empat kursi dengan total 18.225 suara. Di Dapil Kuansing I, Partai Nasdem mendapat satu kursi dengan 5.948 suara. Dapil Kuansing II, satu kursi dengan 4.581 suara. Dapil Kuansing III, satu kursi dengan 3.895 suara. Dapil Kuansing IV, satu kursi dengan 3.801 suara.

Selanjutnya, PAN juga meraih estimasi empat kursi dengan total 17.581 suara. Di Dapil I, PAN meraih satu kursi dengan 4.024 suara. Dapil Kuansing II, dua kursi dengan 8.623 suara. Dapil Kuansing III, tidak mendapatkan kursi. Dapil Kuansing IV, satu kursi dengan 3.505 suara. ( rpc/ktc)

Berita Lainnya

Index