Untuk RAPBD 2O20 Ada Usulan 150 Kilometer Pengaspalan Jalan Dari Masyarakat

Untuk RAPBD 2O20 Ada Usulan 150 Kilometer Pengaspalan Jalan Dari Masyarakat
Musrenbang RKPD 2020

TELUK KUANTAN - Untuk tahun 2020 mendatang dari 15 Kecamatan terdapat 95 item usulan aspirasi pembangunan yang tersebar di 384 lokasi.

Khusus dalam aspirasi peningkatan ( pengaspalan ) jalan ada 78 usulan dengan panjang jalan sekira 150 kilometer.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kuansing, H Mursini, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Kuansing tahun 2020 di aula SMAN Pintar Kabupaten Kuansing, Rabu (20/3/2019).

" Sedangkan anggaran hanya mampu memenuhi 50 kilometer. Ini kendala yang kita hadapi. Anggarannya tidak mencukupi," kata Mursini.

Disamping itu, masih banyak usulan yang disampaikan yang bukan menjadi kewenangan kabupaten melainkan tanggungjawab pemerintah provinsi dan pusat. Terutama usulan yang berkaitan dengan jalan dan jembatan.

"Padahal itu tanggungjawab provinsi atau pusat," ujar Mursini.

Menurutnya, usulan pembangunan di Musrenbang setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Meski begitu setiap usulan tergantung juga dengan kemampunan anggaran daerah.

"Kita berharap hasil Musrenbang ini akan menjadi masukan, dalam pelaksanaan Musrenbang Provinsi Riau. Karena RKPD Kuansing 2020 tetap bersinergi dengan program skala prioritas Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat," ujar Mursini.

Dalam kesempatan ini, Mursini juga mengingatkan kepada pemerintah desa hingga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kuansing untuk lebih transparan dalam melayani masyarakat.

 "Berikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat. Terutama dari tingkat desa dulu. Sebab mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. Begitu juga dengan OPD. Kalau pelayanan tidak maksimal dan tidak transparan, maka akan menimbulkan citra negatif terhadap pemerintah," kata Mursini.

Dengan meningkatkan kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman, lanjut Mursini pemerintah desa dan OPD akan lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Musrenbang RKPD kali ini mengusung tema, "Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Pemantapan Infrastruktur, Pemantapan Aparatur Pemerintahan dan Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat". ( utr )

Berita Lainnya

Index