Wakil Ketua DPRD Kuansing Hadiri Musrenbang RKPD Kuantan Mudik

Wakil Ketua DPRD Kuansing Hadiri Musrenbang RKPD Kuantan Mudik
Sardiyono saat pembukaan Musrenbang RKPD kecamatan Kuantan Mudik

LUBUK JAMBI – Wakil Ketua I DPRD Kuansing, Sardiyono, Senin ( 24/2/2019 ) menghadiri acara pembukaan Musrenbang RKPD tahun 2020 kecamatan Kuantan Mudik yang dibuka Bupati H Mursini.

Sebelumnya politisi asal PPP tersebut juga menghadiri acara pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2020 kecamatan Singingi Hilir, Singingi, Cerenti dan Pucuk Rantau.

Dalam kesempatan itu, Sardiyono juga mendengar penyampaian aspirasi kecamatan Kuantan Mudik yang disampaikan Camat Jevrian Apriadi, diantaranya upaya pihak kecamatan menggenjot PAD dengan dua usulan pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Kuantan Mudik yaitu Air Terjun Patisoni di Desa Seberang Cengar dan Air Terjun Dangku di Desa Pantai kepada pejabat Pemkab yang hadir saat itu.

Camat memaparkan, kedua usulan tersebut diperlukan guna pemantapan infrastruktur menuju destinasi wisata.

 "Objek wisata Air Terjun Patisoni ini, selain dekat, juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi komunitas goes dan kawula muda kuansing di akhir pekan." ungkap Jevrian.

 

Dengan pemantapan akses menuju destinasi wisata ini, kata Camat akan banyak masyarakat yang terbantu dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat, sasaran utama sebagai tempat berkembangnya ekonomi kreatif dan kuliner lainnya seperti berjualan ditempat wisata dan pemungutan parkir.

 

"Dengan demikian, kalau akses jalan ke objek wisata kami ini bagus, maka pengunjung akan lebih banyak," harap Jevrian.

 

Diluar itu katanya ada aspirasi pengaspalan jalan di desa Air Buluh sepanjang 2 kilo, pengaspalan jalan lingkar di desa Banjar Padang - Kasang sepanjang 3 kilo. Pembangunan gorong-gorong di desa Seberang Pantai sepanjang 1 kilo.

 

Kemudia pembangunan pasar Lubuk Jambi, supaya dipindahkan ke area Puskesmas yang terletak di Desa Banjar Padang. Dengan demikian, jalan lintas Teluk Kuantan-Sumbar tidak lagi macet akibat pasar yang berada dipinggir jalan. Kemudian, pasar Lubuk Jambi yang akan direlokasi tersebut akan dijadikan terminal terpadu. Sedangkan Puskesmas lama akan dijadikan taman hijau tempat bermain anak-anak. Diharapkan kesemua usulan ini dapat menunjang peningkatan PAD.

 

Seterusnya pembangunan kantor Kepala Desa Pebaun Hilir, pembangunan turap dan renovasi SMP Negeri 3 Kuantan Mudik serta renovasi kantor camat dan pembangunan gedung serbaguna untuk dibangun pada 2020 mendatang.

 

Menanggapi usulan Camat ini, Bupati Mursini mendukung usulan prioritas kecamatan ini. Namun mengingat anggaran yang ada sangat terbatas, dirinya meminta pihak kecamatan harus mengetahui program dan kegiatan yang mesti didahulukan dan yang mesti ditangguhkan.

 

"Alhamdulillah, tahun 2018 seluruh kewajiban sudah dilunasi. Kedepan, dengan kondisi kita yang ada, mari bersama-sama kita melaksanakan pembangunan dengan secara bertahap mantapkan infrastruktur menuju destinasi wisata dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Pada prinsipnya, kami sangat mendukung program prioritas kecamatan guna menggenjot PAD di Kabupaten Kuansing,”pungkas Mursini. ( rls/mad)

Berita Lainnya

Index