Layur Jalur Putri Kumayang Linduang Daun, Bupati Minta Jaga Kekompakan

Layur Jalur Putri Kumayang Linduang Daun, Bupati Minta Jaga Kekompakan
Bupati menyulut api

BENAI- Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Mursini, Rabu (13/2/2019) malam melayur jalur Putri Kumayang Linduang Daun. Ini merupakan jalur generasi baru desa Pulau Ingu kecamatan Benai.

Harapan masyarakat desa tersebut, melalui 'tangan dingin Bupati Mursini yang telah mendiang jalur baru desa mereka bisa menjadi perekat persatuan dan kekompakan masyarakat desa ini dan  bisa lebih berprestasi kelak di setiap gelanggang even pacu jalur di Kabupaten Kuansing baik tingkat rayon maupun nasional di Teluk Kuantan pada Agustus mendatang.

"Waktu pacu jalur tingkat nasional tahun 2018 lalu jalur kami berhasil masuk sepuluh besar. Kita berharap pada tahun ini melalui jalur baru ini prestasinya bisa lebih baik lagi," ujar tokoh masyarakat desa Pulau Ingu Datuk Gomuak saat menyampaikan sambutan.

Datuak Gomuak juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat khususnya di kenegerian Simandolak. Karena kunci kesuksesan itu menurutnya adalah bersatu dan kompak dalam hal apa pun.

Bupati Mursini juga mengingatkan agar masyarakat Pulau Ingu tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Karena filosopi pacu jalur tersebut kata Mursini hakekatnya menekankan persatuan. Sebab jalur baru akan juara dan berprestasi bilamana masyarakat dan atlit dayungnya seiya sekata, kompak dan bersatu.

Kemudian diingatkannya, karena tahun ini adalah tahun politik dan masyarakat mempuyai pilihan masing-masing baik untuk pemilihan presiden, DPR RI maupun DPRD provinsi dan kabupaten.

Oleh sebab itu dirinya meminta masyarakat menjaga persatuan dan kekompakan. Karena bilamana terjadi perpecahan juga akan mempengaruhi segala sendi kehidupan masyarakat.

"Termasuk juga halnya dengan pacu jalur ini. Akibatnya prestasi jalur menjadi berkurang," ujar Mursini mencontohkan.

Pada sesi acara penggalangan dana, berhasil terkumpul dana sebesar Rp40 juta. Dana yang terkumpul tersebut antara lain sumbangan Bupati Mursini sebesar Rp 5 juta, Wabup H Halim Rp 5 juta, Sekda Dianto Mampanini Rp2 juta, Ketua Tim Penggerak PKK Kuansing Dra Emi Safitri Rp 1 juta, wakil ketua I DPRD Sardiyono,  Rp 2,5 juta.

Diakhir acara setelah dilakukan penyulutan api perdana, bupati dan rombongan diminta untuk turut berandai bersama masyarakat Desa Pulau Ingu sebagai ungkapan sara syukur masyarakat atas dilayurnya jalur baru desa mereka. Turut hadir pada acara pelayuran jalur Desa Pulau Ingu ini Asisten III Agus Mandar, kepala OPD, Kabag di lingkungan Setda Kuansing, Camat Benai beserta staf, Upika Kecamatab Benai, para kepala sekolah dan masyarakat Kecamatan Benai. ( rls/hms/ks)

Berita Lainnya

Index