Diskusi pariwisata Kuansing di Pekanbaru

Ternyata Kuansing Memikat Juga Bagi Wisatawan Belanda, Ini Alasannya

Sabtu,09 Februari 2019 - 09:53:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Ternyata kabupaten Kuantan Singingi memiliki daya pikat juga bagi sebagian wisatawan asal negeri Belanda.

Hal tersebut diakui Ketua Gempi Riau, Osvian Putra, Jumat (8/2/201) saat audiensi Pemkab Kuansing dengan para asosiasi bidang kepariwisataan yang ada di Provinsi Riau dan Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Menurutnya, Kuansing selain potensi budaya dan alam, Kuansing juga memiliki potensi wisata sejarah.

Dia mengaku sudah beberapa kali membawa wisatawan asal Belanda yang ingin melihat rel keretapi api mulai dari Lubuk Ambacang ke Pekanbaru.

Katanya wisatawan Belanda tersebut dulunya pernah dipekerjakan sebagai romusha oleh tentara Jepang untuk membangun rel kereta api dari Muaro Sijunjung hingga ke Pekanbaru.

"Jadi wisatawan Belanda itu ingin melihat langsung bagaimana kondisi rel kereta api itu sekarang karena mereka juga bagian dari sejarah pembuatan rel keretapi tersebut," kata Osvian.

Menurutnya potensi wisata sejarah tersebut dapat dimanfaatkan mengundang wisatawan apabila dikemas dengan baik.

Untuk itu dirinya meminta Pemkab Kuansing memelihara dan mengembangkan situs-situs baik sejarah, sosial, budaya dan religi dengan baik karena dapat menunjang pariwisata. Sebab sejarah terkait dengan orang luar bahkan orang luar negeri.

Acara ini dihadiri Bupati Mursini, Wakil Ketua I DPRD Sardiyono, Sekda Dianto Mampanini, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Indra Suandi, dan Kepala OPD terkait.

Dari Dinas Provinsi Riau langsung dihadiri Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman. Sementara dari Asosiasi Kepariwisataan tampak hadir Indonedia Chef Asosiation, Bangun Suryoto, Ketua Asosiasi Peramu Wisata Indonesia Osvian Saputra, Ketua Lembaga Sertifikasi Nasional.

Kegiatan ini bertujuan mendapatkan berbagai masukan cara mengelola dan mengembang destinasi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Kuansing agar terkelola secara baik dan konfrehensif sehingga nantinya dapat meningkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuansing.( rls/hms/ks)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT