Air terjun Sibalobak di desa Lubuk Ambacang. Fhoto : Rapika

Wow Indahnya Objek Wisata Baru Ini, Air Terjun Sibalobak di Hulu Kuantan

Minggu,21 Oktober 2018 - 11:08:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN -  Kecamatan Hulu Kuantan, Kuansing, Riau dianugerah pesona alam yang indah. Selain air terjun tujuh tingkat Batang Koban yang sudah terkenal, kecamatan ini ternyata juga memiliki air terjun Sibalobak yang belum banyak diketahui orang. Namun keindahannya tiada tara karena berada dikaki bukit Barisan punggung pulau Sumatera.

Air terjun ini terdapat didesa Lubuk Ambacang.  Jarak tempuh dari Lubuk Ambacang untuk sampai ke destinasi wisata baru ini menggunakan boat lebih kurang setengah jam lebih. Lokasinya dihulu air terjun tujuh tingkat Batang Koban.

Sebelum mencapai air terjun ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan tebing batu cadas  sungai Kuantan yang tidak bisa dinikmati pengunjung jika bertandang ke air terjun tujuh tingkat Batang Koban. 

Keunikan air terjun yang tingginya mencapai 30 meter lebih itu,  terdiri dari dua curahan air sehingga terlihat seperti air terjun kembar.

“ Karena itu orang tua-tua di Lubuk Ambacang menyebut air terjun ini air terjun berjodoh, karena ada dua air terjun berdampingan,”kata  Rapika, pemuda desa Lubuk Ambacang yang sudah sampai ke objek wisata yang akan populer dalam waktu dekat ini.

Kalau nama air terjun Sibalobak katanya, karena air terjun nan menawan ini berada dialur sungai Sibalobak yang berasal dari kawasan hutan yang bermuara kesungai Kuantan.

Menurut Rapika,  dari pinggiran sngai Kuantan, untuk mencapai air terjun Sibalobak harus menempuh jarak 500 meter. Dapat mengunakan perahu atau berjalan kaki dipinggiran sungai Sibalobak.  Lokasinya tepat dilokasi rencana pembangunan PLTA Lubuk Ambacang.

” Air terjunnya tidak bertingkat, namun tinggi hampir 30 meter dan  sehingga panorama air terjun dapat dilihat sekalgus  dengan panroma hutan perawan,  cocok untuk menghlangkan kejenuhan, refhreshing sambil mandi diair dingin, bersih dan alami yang semakin jarang ditemui,”ujarnya.

Rapika berharap air terjun ini mendapat perhatian dari pemerintah, sebab  panorama alam sekitarnya cukup menawan disamping air terjun yang sangat indah dan dapat menjadi pilihan baru bagi pelancong bertandang ke Kuansing. 

“ Harus segera dibenahi terutama akses, sarana dan prasarana termasuk menjaga hutan agar keberadaan air terjun ini tetap terjaga sampai kapanpun,”kata Rapika.  ( mad )

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT