Peserta pelatihan berfose bersama. ( rls )

Para Pembuat Kue Ditingkatkan Keahliannya oleh Diskopdagrin Kuansing

Rabu,17 Oktober 2018 - 11:18:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Sejumlah warga yang selama ini menggeluti usaha pembuatan kue ditingkatkan kualitas dan skilnya oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian ( Diskopdagrin ) Kuansing.

Peningkatan keahlian mereka dilakukan dalam pelatihan peningkatan kualitas SDM dalam pembuatan produk makanan ( Good Manufacturing Practice/GMP) di hotel Sabilion Kelurahan Simpang Tiga Teluk Kuantan, Rabu ( 17/10/2018).

Ketua TP PKK Kuansing, Hj Emi Safitri Mursini saat membuka acara ini mengharapkan mereka yang dilatih dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan dengan memproduksi makananan yang akan menjadi makanan khas kabupaten Kuantan Singingi dengan bentuk dan cita rasa yang memiliki nilai jual.

" Sehingga pada akhirnya akan bisa membantu ekonomi keluarga dalam upaya peningkatan kesejahteraan," harapnya.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari dengan peserta sebanya 12 orang dari berbagai kecamatan. Untuk mengajar mereka didatangkan instruktur dari dinas perindustrian provinsi Riau.

 Sementara Kepala Dinas Kopdagrin Kuansing, Azhar MM didampingi Kabid Perindustrian Asnita kepada wartawan menyatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan yang sudah diprogramkan dalam RPJMD Kabupaten Kuantan Singingi 2016-2021.

Tujuannya para pembuat kue yang diundang dapat memadukan pengalaman mereka selama ini dengan ilimu yang diberikan instruktur sehingga produk kue mereka secara kemasan, bentuk dan cita rasa semakin baik dan menarik konsumen.  

" Tujuan lain meningkatkan pelaku industri kecil menengah ( IKM ) di Kuansing,"kata Azhar.

Dipapar Azhar, tahun 2017 jumlah IKM sebanyak 762 IKM dengan berbagai bidang usaha. Sesuai dengan target RPJMD yang dituangkan dalam Cascading Dinas Kopdagrin, pada tahun 2018 ini harus ada peningkatan jumlah IKM sebanyak 18 IKM sehingga di akhir tahun 2018 jumlah IKM di Kabupaten Kuantan Singingi menjadi 780 IKM .

" Dengan terjadinya peningkatan jumlah IKM tentu diharapkan akan terjadi juga peningkatan jumlah keluarga yang penghasilan keluarganya sesuai dengan pertumbuhan IKM," katanya mengakhiri. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Ekonomi

Bupati : Jaga 65 Ribu Ikan Yang Ditebar

Kamis,27 September 2012
Ekonomi

Produksi Cabai Rawit Riau Meningkat

Sabtu,17 Agustus 2013