dr Rinny Marthavinna. ( isa )

14 - 15 Juni

Pemkab - RS Hasan Sadikin Bandung Taja Operasi Bibir Sumbing dan Langit- Langit Gratis

Selasa,04 Maret 2013 - 05:33:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN - Pemkab Kuansing bekerjasama dengan Divisi Bedah Plastik RSUP Hasan Sadikin Bandung dan Cleft Lip and Palate Centre Bandung akan melaksanakan operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing secara cuma-cuma alias gratis. Kegiatan sosial ini tanggal 14-15 Juni mendatang di RSUD Teluk Kuantan.

Yang menarik jumlah peserta dalam dua kegiatan ini bakal tidak dibatasi, begitu juga dengan pesertanya selain berasal dari dalam Kuansing juga dapat diikuti oleh kabupaten tetangga Kuansing. Untuk hal ini panitia sudah menginformasikannya ke instansi terkait dikabupaten tetangga.

"Semuanya diterima. Boleh dari luar Kuansing, dan kita sudah surati orang dinasnya, ( kabupaten tetangga )" kata Dr Rinny Marthavinna, kontak person atau informan RSUP Hasan sadikin Bandung di Kuansing yang saat ini juga sebagai Dokter Umum di UPTD Kesehatan Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Senin (4/3) siang.

Menurut alumni Universitas Andalas, program tersebut merupakan bakti sosial dari RSUP Hasan Sadikin Bandung yang dilaksanakan setiap tahun. Tahun lalu, dihelat di Kabupaten Pasaman, Sumbar.

"Alhamdulillah, karena hubungan baik saya dengan pihak rumah sakit, akhirnya mereka mempercayai program bakti sosial tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Kuantan Singingi, yang merupakan kabupaten tempat tugas saya," jelas wanita yang mengaku senang ditugaskan di Kuansing ini.

Karena itu, pihaknya berharap agar kegiatan ini tepat sasaran dan benar-benar membantu masyarakat yang membutuhkan sesuai tujuan kegiatan ini. "Bayangkan kalau kita seperti mereka (orang sumbing). Tentu mereka juga ingin makan dan minum enak, tapi untuk berobat mungkin mereka tidak punya biaya. Nah, saya yang mewakili masyarakat di kabupaten ini ingin membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan," harap Rinny.

Dan yang paling penting, harap Dr Rinny, mereka yang bibir sumbing dan langit-langit sumbing ini vokal berbicaranya bagus, sehingga daya fungsi hidup mereka juga bagus, termasuk bisa makan dan minum enak. Ditegaskan, bahwa operasi bibir dan langit-langit sumbing ini gratis dan semua biayanya ditanggung pihak RSUP Hasan Sadikin, baik itu menyangkut pengelolaan, dana operasi, semua bahan-bahan yang terpakai dan juga termasuk dokternya dari RSUP Hasan Sadikin.

Dirinya juga bersyukur, operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing secara gratis ini mendapat dukungan dari Pemkab Kuansing, terutama dukungan yang diberikan secara langsung oleh Bupati H Sukarmis. Sehingga Pemkab Kuansing siap memfasilitasi kegiatan tersebut.  "Alhamdulillah, Pemkab menyambut baik dan siap memfasilitasi kedatangan mereka," kata dokter yang berparas cantik ini.

Mengenai syarat mengikuti pengobatan gratis ini, kata Rinny, untuk pasien bibir sumbing minimal berusia 3 bulan dan berat minimal 5 kg, dan maksimal usia dan berat tidak dibatasi. Kemudian, untuk pasien langit-langit sumbing, minimal usianya mencapai 1,5 tahun.
"Tidak hanya mereka yang cacat, yang kita operasi, mereka yang bibirnya sumbing dan langit-langit akibat kecelakaan juga bisa mengikuti operasi gratis ini. Tidak terbatas, baik yang kaya maupun yang miskin, semuanya diterima," jelas Rinny.( isa   )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT