Para guru SMAN1 Teluk Kuantan saat In House Training E-Raport

E-Raport, Nilai Siswa SMAN 1 Teluk Kuantan Bisa Diakses Wali Murid Secara Online

Sabtu,29 September 2018 - 10:27:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat para guru dan warga sekolah lainnya dituntut mampu menggunakan informasi teknologi ( IT)  dalam proses pembelajaran, termasuk yang akan dilakukan SMANN 1 Teluk dalam melakukan evaluasi pendidikan menggunakan IT, seperti e-raport atau rapor elektronik.

E-raport merupakan aplikasi multi user yang terdiri dari tiga komponen pengguna masing-masing admin, guru dan wali kelas.

"Dengan e-raport, sekolah dan pihak luar bisa seperti orang tua dan institusi pendidikan lainnya seperti perguruan tinggi bisa melihat evaluasi hasil belajar siswa dari ulangan harian, lembar kerja hingga ujian akhir semester," kata Kepala SMAN Teluk Kuantan, Saprianto Eldi,S.Pd.I saat membuka In House Training E-Raport bagi guru sekolah tersebut belum lama ini.

“ Penilaian harian, tengah semester, nilai teori, nilai praktek dan nilai akhir semester juga bisa dilihat secara online. Dengan demikian, orang tua siswa melihat langsung perkembangan anaknya lewat aplikasi yang tersedia,”paparnya menambahkan.

Oleh sebab itu katanya, sasaran dari kegiatan ini agar semua guru dapat mempercepat penerapan e- raport dalam penilaian, sehingga kedepan  baik guru maupun sekolah semakin berkualitas dalam pembelajaran.

Sementara ketua pelaksana kegiatan, Ziyadul Kamal, SPd, I, MA didampingi Waka Humas, Noparlin,S.Pd memaparkan tujuan dari kegiatan ini agar para guru mehamai substandi penilaian e-raport mulai dari penginputn data siswa sampai penginputan data sekolah.

Apalagi tandasnya, SMAN 1 Teluk Kuantan merupakan salah satu sekolah di kabupaten Kuantan Singingi dan provinsi Riau yang pertama kali menerapkan kurikulum 2013 sampai saat ini. Karenanya sangat diharapkan penilaianoleh para guru agar mampu mendeskripsikan komptensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam penilaian e-raport tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan guru menerapkan program e-raport ini, pihak sekolah menghadirkan narasumber antara lain ketua MKPDS, Fadli, Z, S.Pd, Pengawas Pembina, Drs Mardizal,MM, Operator e-raport sekolah rujukan, Dwi Sarmi Satria serta Rezali Yudistiranda, S.Pd.

Kegiatan tersebut juga dihadiri kepala cabang dinas pendidikan provinsi Riau, Syahrial, SE, MM  dan Kasubag TU cabang dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kaspur Anuar, MPd. ( mad)

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT