Bupati H Sukarmis saat membuka Musrenbang Kecamatan Gunung Toar. ( isa )

Guntor Usulkan Pembangunan Jalan Sepanjang 73 KM

Rabu,27 Februari 2013 - 08:09:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Pemkab Kuansing bertekad tahun 2015 mendatang, seluruh desa yang ada di Kuansing telah teraspal dan tidak ada tidak ada lagi jalan tanah atau kerikil. Pada Musrenbang 2013 ini, Kecamatan Gunung Toar pun tidak menyianyiakan kesempata tersebut.

Menindaklanjuti hal ini Camat Gunung Toar, Samsi Alam, S. Pd melalui Kasie PMD , Anis Saldi, menyatakan dalam Musrenbang 2013 khusus untuk jalan diusulkan antara lain pengaspalan jalan sepanjang 13 kilometer yang berada di Desa Kampung baru, Toar, Pasar Gunung, Teluk Beringin, Pisang berebus, Petapahan, Koto Gunung dan pulau Mungkur.

" Usulan yang akan dibawa pada musrenbang kecamatan ini merupakan hasil rekap usulan masing-masing desa yang ada di Guntor, dan hasilnya sepanjang 13 desa mengusulkan pengaspalan jalan pada tahun 2014 mendatang," paparnya.

Selain pengaspalan jalan, bebernya 9 desa lagi juga mengusulkan pembukaan jalan baru sepanjang 22 kilometer yang terdiri dari desa Pisang Berebus, Kampung Baru, Pulau Rumput, Teluk Beringin, Pulau Mungkur, Teberau Panjang, Pasar Gunung, Toar, Petapahan, Siberobah, Sedangkan desa yang tidak menguslkan pembukaan jalan baru ada empat desa yakni desa Desa Seberang Gunung, Seberang Sungai, Koto Gunung dan Lubuk Terentang.

Disampin itu ungkapnya, Toar juga menguslkan peningkatan jalan pemukiman penduduk (jalan desa) sepanjang 18 kilometer, yang mana diusulkan oleh tiga desa yakni Desa Koto Gunung mengusulkan sepanjang empat kilometer, Desa Pulau Mungkur mengusulkan sepanjang empat kilometer, dan Desa Siberobah mengusulkan sepanjang 10 kilometer.

" Untuk peningkatan jalan pemukiman penduduk maka desa Siberobah yang paling panjang mengusulkan, yakni sepanjang 10 kilometer, dan dua desa Koto Gunung dan Pulau Mungkur masing-masing hanya empat meter ,"tuturnya.

Seterusnya beber Anis Saldi juga ada juga yang mengusulkan pembukaan jalan baru untuk jalan usaha perkebunan sepanjang 22 kilometer yang diusulkan oleh Enam des yakni Desa Teberau Panjang, Desa Pisang Berebus, Petapahan, Kampung Baru, Koto Gunung dan Pulau Mungkur. Hal ini disebabkan masyarakat yang berada di daerah tersebut merupakan lokasi perkebunan karet yang dilalui setiap hari oleh petani karet, yang bukan hanya oleh
masyarakat tempatan akan tetapi juga masyarakat lainnya. Sedangkan kondisi jalan ke lokasi perkebunan di daerah tersebut masih jalan setapak dan sulit untuk dilalui kenderaan roda empat.

" Jika jalan usaha perkebunan telah dibuka, maka masyarakat akan lebih mudah untuk mengjangkau lokasi perkebunan dan bahkan untuk membawa karet juga akan semakin mudah," tambahnya.
 .
Jadi, katanya jika ditotal semua usulan tentang jalan ini, seperti pengaspalan jalan sepanjang 13 kilometer, pembukaan jalan baru sepanjang 22 kilometer, peningkatan jalan pemukiman sepanjang 18 kilometer, dan pembukaan jalan baru untuk perkebunan sepanjang 22 kilomer, dengan total panjang jalan usulan sekitar 75 kilometer. ( isa )




TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT