Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Perusahaan Harus Berhubungan Baik dengan Warga

Selasa,25 Februari 2013 | 07:47:00   Dibaca: 563 kali
Perusahaan Harus Berhubungan Baik dengan Warga
Ket Foto : Anggota DPRD Kuansing : Sariham. ( isa )

TELUK KUANTAN - Anggota DPRD Kuantan Singingi, Sariham mengharapkan terciptanya hubungan yang baik antara para petani dan masyarakat dengan perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kuansing, sehingga bisa meminimalisir terjadinya konflik antara kedua belah pihak.

"Sejauh ini kan banyak kita mendengar, melihat, masyarakat yang konflik dengan perusahaan, padahal keduanya perlu menciptakan hubungan yang baik antar keduanya, karena saling membutuhkan," ujar Sariham saat dihubungi wartawan, beberapa waktu lalu.

Petani yang dimaksud Sariham adalah mereka (masyarakat lokal) yang tidak terikat hubungan kemitraan dengan perusahaan. Jika perusahaan telah berhasil menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat, politisi PPP ini meyakini, konflik bisa diminimalisir.

"Karena, apabila ada perusahaan yang mengedepankan permusahan dengan masyarakatnya, berarti ia telah memelihara konflik yang suatu saat bisa meledak," kata Sariham.

Salahsatu cara menjaga hubungan baik dengan perusahaan, menurut Sariham, perusahaan harus membuka komunikasi yang baik dengan masyarakat lokal secara berkelanjutan, melaksanakan berbagai kegiatan sosial yang merupakan kewajiban dari perusahaan kepada masyarakat tempatan.

"Kalaulah perusahaan itu sering berkomunikasi, melaksanakan program sosial, tentu masyarakat akan berfikir untuk memusuhi perusahaan. Dan upaya ini sebenarnya harus dilakukan perusahaan," sarannya.

Sariham menilai, konflik yang selama ini terjadi di sejumlah perusahaan yang ada di Kuansing bermula dari kurang kooperatifnya perusahaan tersebut dengan masyarakat, sehingga banyak masyarakat menilai, keberadaan perusahaan itu meresahkan.

"Itu yang banyak terjadi sekarang, dan perusahaan harus merubah image itu agar ada nilai positif di masyarakat," pungkasnya. ( isa  )





Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus