Desa Setiang Dambakan Jalan dan Listrik

Desa Setiang Dambakan Jalan dan Listrik
Bupati H Sukarmis saat membuka Musrenbang Kecamatan Pucuk Rantau. ( isa )

TELUK KUANTAN -  Desa Setiang merupakan salah satu desa di Kecamatan Pucuk Rantau Kuansing yang berada paling ujung atau berbatasan dengan kecamatan peranap kabupaten Inderagiri Hulu.

Desa Setiang masuk dalam wilayah Kecamatan Pucuk Rantau hasil pemekaran dari Kecamatan Mudik yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 24 tahun 2012 tentang Pembentukan Kecamatan Kuantan Hilir
Seberang, Kecamatan Sentajo Raya, dan Kecamatan Pucuk Rantau.

Kecamatan Pucuk Rantau terdiri dari 10 desa, yaitu  Desa Perhentian Sungkai, Desa Ibul, Desa Muara Petai, Desa Pangkalan (sebagai ibukota kecamatan), Desa Sungai Besar, Desa Muara Tiu Makmur, Desa Muara Tobek, Desa Sungai Besar Hilir, Desa Kampung Baru Ibul dan Desa Setiang.

Bila dilihat batas administrasi Kecamatan Pucuk Rantau adalah Sebelah Utara Berbatasan dengan Kecamatan Kuantan Mudik, Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi, Sebelah Barat berbatasan dengan
Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatara Barat, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Indragiri Hulu.

Akan tetapi bila dilihat langsung ke desa setiang tersebut, memang dirasakan cukup jauh dari ibukota kecamatan yakni sekitar 35 kilometr, dengan kondisi jalan masih jalan tanah yang dipenuhi lumpur dan becek
di kala musim penghujan, sedang bila musim kemarau maka akan dipenuhi debu karena belum tersentuh aspal.

" Pada musrenbang Kecamatan di Pucuk Rantau mengusulkan pengerasan jalan ke desa setiang sepanjang 16 kilometer, yang merupakan paling terparah dan rusak berat," ungkap Camat Pucuk Rantau
Budi Asrianto, S.Sos, M.Si pada Musrenbang Kecamatan Pucuk Rantau di desa Pangkalan, Senin ( 25/2 ) siang .

Menurutnya, desa setiang merupakan salah satu desa paling ujung ke paling ujung yang berbatasan dengan kecamatan peranap, dimana jalan menuju ke desa setiang sangat rusak dan parah yang perlu dilakukan pembangunan.

" Selain jalan, desa Setiang juga belum dimasuki listrik atau desa tersebut belum memperoleh jaringan listrik dari PLN,oleh karena itu juga mengusulkan ke pemkab untuk memperoleh jaringan listrik pada musrenbang mendatang," ujarnya.

" Desa Setiang belum peroleh jaringan listrik pln, kami berharap agar dapat memperoleh jaringan listrik pln pada tahun mendatang," tambahnya .

Jika jaringan listrik PLN telah masuk ke Setiang, katanya maka desa itu akan menjadi terang benderang karena saat ini hanya diterangi lampu teplok yang disangkutkan di dinding memakai minyak tanah, jika ada penerangan genset hanya beberapa rumah masyarakat yang dapat terjangkau. ( isa )





Berita Lainnya

Index