Ketua DPRD, Andi Putra menyalami warga desa Sitorajo Kari

Andi Putra : Rebut Kembali Masa Kejayaan Jalur Siluman Buayo Danau

Rabu,17 Juli 2018 - 06:33:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUKKUANTAN  - Jalur Siluman Buayo Danau milik masyarakat desa Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah sudah memiliki nama besar dan menjadi.salah satu kebanggaan warga Kuansing dimasa jayanya.

Jalur yang menorehkan prestasi dalam kurun waktu 2005-2011 akhir-akhir ini prestasinya tengah merosot.  

"Jalur Siluman Buayo Danau ini memang ndak asing lagi. Nama ini di setiap iven selalu ditakuti. Termasuk yang teratas di Kuansing. Jalur ini tak sekali dua kali juara. Juara satu pernah. Juara dua pernah. Juara tiga pernah. Tapi ada pula kalah di hari pertama. Itu biasa. Tak mungkin kita menang terus," ungkap Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH saat melayur jalur Siluman Buayo Danau di Desa Sitorajo Kari, Senin (16/7/2018).

Oleh sebab itu Andi Putra mendoakan agar jalur Siluman Buayo Danau generasi baru yang dilayur ini bisa kembali juara satu. Sehingga bisa kembali membuat bangga warga Sitorajo Kari dan Kuansing.

Tapi tentu dengan syarat, seluruh pemuda kompak dan bersatu.

  "Karena untuk membuat jalur ini butuh pengorbanan dan waktu. Untuk buat jalur ini saja habis waktu 8 hingga 9 bulan. Coba kenang sulitnya membuat jalur sekarang. Itu harus jadi motivasi bagi masyarakat, pertahankan terus kebersamaan," katanya.

Ia mengapresiasi perjuangan masyarakat Sitorajo Kari untuk kembali mengangkat nama besar jalur di setiap iven yang diikutinya ke depan. 

" Sudah seperti ini perjuangan masyarakat Sitorajo, tinggal lagi pemacu. Ya, mari kita bersatu. Mudah-mudahan niat ini dikabulkan Allah SWT," harapnya.

Andi Putra mengakui kalau jalur Siluman Buayo Danau ini sudah tak asing lagi di Kuansing. Ia mengapresiasi masyarakat yang melestarikan tradisi melayur jalur ini.

"Ini tradisi Kuansing. Dan mari kita pertahankan pacu jalur ini," ajak Andi Putra.

Selain didaulat memberi sambutan dan memberi nama jalur, Andi Putra juga berkenan menyulut api tanda pelayuran bersama warga setempat dengan penuh kebersamaan.

Selain dihadiri Ketua DPRD Andi Putra, hadir pula melayur jalur adalah anggota DPRD Kuansing Raden, Camat Kuantan Tengah HM Refendi Zukman SSos MSi. ( utr )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT