pleno rekap suara Pilgubri oleh KPU Kuansing

Hasil Pleno KPU Kuansing, Syamsuar Posisi Puncak, Firdaus Paling Bawah

Kamis,04 Juli 2018 - 10:55:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Hasil perolehan suara pasangan Cagubri dan Cawagubri Pilgubri 2018 di Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau dinilai cukup mengagetkan. 

Misalnya saja suara untuk pasangan Cagubri Firdaus-Rusli Efendi. Duet ini menempati urutan paling terendah atau paling buncit pada pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 tingkat Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (4/7/2018) di gedung Narosa Telukkuantan.

Padahal sebelumnya pasangan Firdaus-Rusli Efendi diramalkan bahkan tampil sebagai pemenang . Mengapa tidak, karena salah satu Parpol pendukungnya, PPP menjadi partai pemenang ( berkuasa ) usai Pilkada Kuansing  2015 ditambah dengan mesin politik Partai Demokrat. Dengan kondisi ini ditambah tekad menang yang dicanangkan kader kedua Parpol disejumlah kampanye seharusnya Kuansing menjadi lumbung suara pasangan ini.

Namun suara rakyat berkehendak lain, pasangan ini justru berada dijuru kunci.

Begitu juga dengan pasangan Andi Rachman -Suyatno yang didukung Partai Golkar pemenang Pemilu Legislatif di Kuansing, PDIP dan Hanura, juga gagal meraih suara terbanyak sesuai rencana. Namun nasib Andi Rahman -Suyatno sedikit lebih baik karena berhasil meraih posisi kedua dalam perolehan suara.

Hal yang sama dialami pasangan Lukman Edy- Hardianto dalam mewujudkan target menang. Tadinya sebagai urang Sumondo Kuansing dan adanya basis Nadhliyin didaerah ini, Lukman Edy yang diusung PKB dan Gerindra diramalkan Kuansing mampu menjadi salah satu basis suaranya namun hanya mampu bertengger diposisi ketiga.

Target menang berhasil dicapai pasangan Syamsuar-Edy Natar yang didukung PAN, Nasdem dan PKS. Pasangan kombinasi birokrat dan militer ini berhasil mencuri perhatian sebagian besar pemilih sehingga berjaya diposisi puncak.

Dalam Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan Pilgubri 2018 di gedung Narosa Kota Teluk Kuantan, KPU Kuansing menetapkan pasangan Syamsuar-Edy  memperoleh suara terbanyak dengan 39.881 suara atau 33.1 persen.

Sementara, di urutan kedua disusul pasangan incumbent Andi Rachman-Suyatno dengan 34.395 suara atau 28.6 persen, disusul pasangan Lukman Edy - Hardianto dengan 24.727 suara atau 20.5 persen.

Sementara di urutan terakhir adalah pasangan Firdaus ST-Rusli Efendi dengan 21.257 suara atau 17.6 persen.

"Hasil itu berasal dari rekapitulasi penghitungan suara sah sebanyak 120.260 dan suara tidak Sah sebanyak 2.309," kata Ketua KPU Kuansing Firdaus Oemar kepada wartawan usai rapat pleno. 

Dijelaskan Firdaus, ada tiga kategori pemilih dalam Pilgub Riau, yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 121.319, Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) 312, dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 938. ( utr )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT