Andi Putra Ajak Masyarakat Pertahankan Acara Seni dan Budaya Silat Kuansing

Minggu,24 Juni 2018 - 11:45:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

SENTAJO RAYA - Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, SH, MH bertekad melestarikan pegelaran seni dan budaya silat diseluruh kabupaten Kuantan Singingi agar bertahan sepanjang massa.

Bahkan untuk menunjangnya, Andi Putra akan memperjuangkan alokasi dana APBD untuk kegiatan tradisi, senin dan budaya termasuk untuk kegiatan silat ini.

" Ini salah satu identitas Kita sebagai masyarakat Kuansing, jangan sampai hilang. Seperti acara ini selain jadi ajang silahturahmi antar pesilat juga sarana silahturahmi antar warga sendiri, banyak sekali manfaatnya yang Kita rasakan seperti memperkuat ukhuwah disaat sifat-sifat individual makin terasa,"ujar Andi Putra saat menghadiri seni dan silat Pendekar Batuah Sentajo senarai  Rayo Onam di Desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuansing, Riau, Sabtu (23/6/2018). 

Hadir dalam acara tersebut Camat. Sentajo Raya, Agus Siswanto,  para Kades, perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, guru silat, pesilat serta masyarakat yang memadati lokasi acara. 

Menurut Andi Putra, dirinya tergerak langsung karena pihatin semakin lama pagelaran seni dam budaya silat semakin berkurang dimana-mana. Padahal dahulunya di Riau terutama  di Kepulauan masyarakat Kuansing identik dengan silat.

Contoh didesa Pulau Komang dahulunya ada dua sosoran atau laman silat yakni di Karak dan Kampung Datar. Tetapi sekarang tinggal satu sosoran.

" Dulu setiap desa di Kenegerian Sentajo ada dua laman silat sekarang tinggal satu rata-rata. Makanya mari Kita lestarikan kembali,"ujarnya.  

Karena katanya, seni budaya silat ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Oleh karena itu, dirinya berharap, seni dan budaya yang sudah turun temurun ini agar tetap dipertahankan.

  "Silat ini sudah ada bukan puluhan tahun lagi, tapi sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kedepan Kami minta, mohon kepada guru mari Kita perkuat kembali, Kita lestarikan, kalau bisa jumlah sosoran atau laman silat ini kembali berjumlah dua," katanya.

  Andi Putra juga mengapresiasi masyarakat desa Pulau Komang Sentajo yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan sangat meriah dan diikuti puluhan pesilat dari berbagai umur. 

"Insya Allah kami mencoba kegiatan silat dan budaya  ini masuk dalam APBD Kuansing, sehingga tradisi dan budaya silat yang sudah ada ini terus bertahan sampai ke anak cucu kita," tutupnya. 

Sementara Camat Agus menegaskan dukungan pemerintah kecamatan atas kegiatan ini. 

" Orang akan tahu Sentajo memiliki kekayaan dan keragaman budaya dan tradisi dan ini perlu dipromosikan ,"tandasnya.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT