RPD Kuansing

Warga Kecewa, RPD Kuansing Belum juga Mengudara Saat Ramadhan

Sabtu,18 Mei 2018 - 11:00:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN -  Selama ini warga Kuantan Singingi ( Kuansing ) memanfaatkan siaran radio untuk memastikan masuknya waktu  berbuka puasa dan masuknya waktu Imsyak usai melaksanakan sahur.

Begitu juga dengan Mesjid dan Mushalla juga memanfaatkan siaran RPD Kuansing untuk meneruskan sirine tanda berbuka puasa dan masuknya tanda Imsyak.

Namun sayangnya, radio kebanggaan  masyarakat Kuansing ini sudah tidak mengudara selama lebih kurang delapan bulan. Setelah kasus suara desahan terdengar saat siaran langsung pacu jalur nasional tahun 2017 ditepian Narosa.

Selama delapan bulan tersebut proses pembauran izin yang diusahakan belum juga tuntas dan akibatnya warga Kuansing tahun ini RPD tidak dapat menemani warga Kuansing yang sedang berpuasa.

Bahkan bukannya menyala, nasib RPD Kuansing kian tragis. Pasalnya PLN memutuskan aliran listrik ke RPD karena menunggak tagihan selama dua bulan. 

" Ya kecewa la. Kalau ada RPD kan bunyi sirine sama. Karena mesjid dan musholla juga merelay sirine dari RPD. Sekarang antara mesjid bisa berbeda, sebelumnya juga ada tausiyah dari ulama-ulama sebelum sirine berbunyi. Kalau RPD kan juga gratis kalau radio online ya harus pakai paket data," ujar Jupri warga Kuansing, Jumat ( 18/5/2018).

Kepala Bidang Kominfo dan Hubungan Media Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kuansing, Mulyadi Harun mengaku RPD Kuansing belum bisa beroperasi. Pasalnya masih menunggu Perda sebagai landasan hukum.

" Draft sudah diajukan namun masih ada kekurangan berupa naskah akademis. Sekarang naskah akademis sudah selesai dan ditelaah dibagian hukum,"ujar Mulyadi.

" Kalau Perda sudah disyahkan nanti akan diurus ke KPID ( Komisi Penyiaran dan Informasi Daerah ) Riau,"ujarnya.

Untuk mengantisipasi aspirasi masyarakat ujarnya, mereka akan membuat radio online yang tidak memerlukan izin khusus namun memang siapa yang ingin mengakses perlu paket data.

" Diinformasikan seluruh masyarakat bahwa untuk mengetahui saat berbuka puasa dan waktu Sahur, DisKominfo Kuansing melakukan Inovatif menyiapkan radio Online dan bisa dibuka di www.kuansing.go.id. Sillahkan dicoba dan di buka Android dengan menekan aplikasi RPD Kuansing,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT