Longsor di Bukit Betabuh, Jalan Sumbar-Riau dan Lintas Tengah Sumaera Terancam Putus

Longsor di Bukit Betabuh, Jalan Sumbar-Riau dan Lintas Tengah Sumaera Terancam Putus
Turap penahan tebing yang amblas dikawasan Bukit Betabuh

TELUK KUANTAN - Jalan nasional yang menghubungkan Sumbar-Riau via Teluk Kuantan menuju Kiliran Jao dan sebaliknya terancam putus akibat turap penahan tebing amblas atau longsor dikawasan tanjakan Bukit Betabuh desa Kasang kecamatan Kuantan Mudik, Minggu ( 8/4/2018 ) siang. Hal ini terjadi akibat wilayah Kuansing dan sekitarnya diguyur hujan lebat dari Sabtu ( 7/4/2018 ) malam hingga Minggu siang.

Untuk diketahui ruas jalan ini juga menjadi urat nadi penting bagi kenderaan yang melintas dijalur Lintas Tengah Sumatera bagi kenderaan dari pulau Jawa ke Sumatera dan  kota-kota di Pulau Sumatera dan sebaliknya.

Turap jalan yang amblas sepanjang lebih kurang 100 meter  tersebut terletak pada tanjakan tertinggi diarea perbukitan Bukit Betabuh tepatnya sebelum memasuki kawasan air terjun Guruh Gemurai sebelah kanan dari arah Teluk Kuantan menuju Kiliran Jao. Jika amblas semakin parah dan jalan putus tidak ada jalan alternatif untuk melintas dikawasan ini. Karena disisi kanan merupakan jurang dan sebelah kiri perbukitan jika dari arah Teluk Kuantan ke Kiliran Jao.

" Ya ada jalan amblas di kawasan Bukit Betabuh desa Kasang yang merupakan jalan nasional yang menghubungkan Riau dan Sumbar dan jalan lintas Tengah Sumatera,"ujar Plt. Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kuansing, Ade Fahrer Arif, Minggu sore.

 

Bagian jalan yang amblas tersebut katanya merupakan turap penahan tebing. Saat ini kondisi aspal sudah berada dibibir jurang.

" Kita harapkan tidak terjadi longsor susulan dan menghabiskan badan jalan. Kalau separuh saja jalan amblas akan susah dilewati, disini juga tidak ada jalan alternatif, dan terletak ditepi jurang,"kata Ade.

 

" Kalau kondisi kini ruas jalan masih bisa dilewati kenderaan namun harus ekstra waspada, dan dilokasi sudah dipasang rambu-rambu peringatan bagi pengguna jalan untuk mengingatkan agar berhati-hati apalagi pada malam hari,"ujarnya.

Turap jalan yang amblas ini katanya juga sudah dilaporkan pada balai penanganan dan pemeliharaan jalan nasional di Padang. " Kita harapkan segera diantisipasi secepatnya,"pungkas Ade. ( isa )

 

 

 

Berita Lainnya

Index