Gambar rencana Perpustakaan Daerah Kuansing

Rebut Dana APBN Untuk Pustaka Daerah, Dispersip Kuansing Terus Lengkapi Persyaratan

Jumat,16 Maret 2018 - 09:45:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ( Dispersip ) Kuantan Singingi ( Kuansing ) tak patah arang berjuang merebut dana APBN untuk mendanai pembangunan gedung perpustakaan daerah ( Perpusda ).

Untuk diketahui detail engginering design ( DED ) yang berupa gambar dan rencana  biaya pembangunannya sebesar Rp. 14 Milyar sudah diselesaikan begitu juga lokasi lahan dieks dinas perkebunan disekitar lapangan Limuno Teluk Kuantan.

" Perpustakaan Nasional RI setiap tahun  mengalokasi anggaran bagi pembangunan perpustakaan daerah disetiap provinsi. Kalau perpustakaan daerah provinsi sudah siap dibangun akan dialokasikan untuk kabupaten dan kota yang belum memilikinya,"ujar Kadis Dispersip Kuansing," Azhar, MM melalui Kasie Akuisisi, Hevi Heri Antoni, M.Si, Jumat ( 16/3/2018).

" Ini peluang karena Presiden Jokowi sedang memprioritaskan pembangunan pustaka jadi anggaran untuk pembangunan perpustakaan daerah cukup tersedia,"lanjut Hevi.

 

Permasalahannnya kata Hevi sekarang Perpusnas RI sedang menyusun anggaran 2019 mendatang termasuk usulan dari provinsi dan kabupaten kota se-Riau. Karena itu Dinas Persip Kuansing sedang menggesa kelengkapan usulan karena mengingat waktu yang kian terbatas untuk berjuang.

" Alhamdulillah surat proposal sudah siap dan tinggal diteken pak Bupati dan Kadis Persip. Gambar dan RAB serta surat tanah lokasi lahan juga sudah siap. Kalau proposal sudah diteken langsung diantar ke Pemprov. Karena usulan harus melalui Pemprov,"ujarnya.

Menurut Hevi peluang mendapat dana APBN untuk pembangunan Perpustakaan Daerah Kuansing cukup besar. Pasalnya kata Hevi, saat ini ada dua kabupaten di Riau yang siap bersaing yakni Kuansing dan Rohil. 

" Keunggulan Kuansing dari Rohil, Kita sudah memiliki DED dan RAB mereka belum. Mudah-mudahan berhasil,"pungkasnya. ( utr ) 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT