Deklarasi anti hoax Polres dan wartawan Kuansing

Polres dan Wartawan Kuansing Deklarasi Anti Hoax

Kamis,15 Maret 2018 - 09:27:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Polres Kuansing melakukan deklarasi anti hoax bersama wartawan media cetak dan elektronik di Kabupaten Kuansing disekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing, Kamis (15/3/2018).

Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto dihadapan insan pers mengajak masyarakat untuk stop menyebarkan informasi bohong kepada khalayak ramai ataupun informasi yang belum diketahui kebenarannya. Dengan kata lain memerangi hoax, ujaran kebencian dan SARA.

"Pintu menyalurkan hoax dan menangkal hoax di rekan-rekan semua. Terlebih, di zaman saat ini pengguna media sosial dengan mudah menyebarkan informasi lewat Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp," ujar Fibri kepada wartawan kemarin.

Perwira melati dua di pundak itu mencontohkan informasi yang disebarluaskan melalui media sosial Facebook, Twetter, dan WhatApp  kebenaran belum tentu pasti. Karenanya  informasi yang menyesatkan perlu diperangi. "Perlu juga cek dan ricek. Utamakan fakta dan kesampingkan opini pribadi. Terus tulislah dengan mengedepankan kode etik jurnalistik yang ada," ungkapnya.

Dijelaskan Kapolres, penyebar informasi bohong akan terus terjadi apabila berulang-ulang membagikan informasi tersebut di media sosial lainnya. Bahkan, orang-orang yang menyebarkan informasi hoax dapat dipidana. "Melalui kesempatan ini agar kita dapat mengantisipasi informasi hoax, maka rekan-rekan media kita minta mencari narasumber yang falid dan objektif dan sesuai dengan kapasitasnya," ujarnya.

Kemudian, lanjut Kapolres, agar media cetak maupun elektronik untuk menghindari terjadinya penyebaran informasi hoax, agar bentuk informasi tersebut dicari kebenarannya baik kepada aparat penegak hukum atau pihak-pihak terkait.

"Kami yakin dan percaya media di Kuansing memuat informasi yang bijak dan benar kejelasannya. Untuk itu, kami harapkan peran dan koordinasinya, marilah kita sama-sama perangi hoax. Kita adalah mitra, bahkan lebih," harap Kapolres.

Sementara Ketua PWI Kuansing Idi Susianto mengatakan ucapan terima kasih atas silaturahmi atau kunjungan Kapolres Kuansing ke Kantor PWI. Ia berharap semoga dengan silaturahmi ini kemitraan antara Polres dan Wartawan tetap terjaga dengan baik.

"Kita berharap dengan deklarasi ini kita dari rekan-rekan media bisa ikut serta dalam memerangi hoax," ujar Idi.( utr )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT