Pacu jalur tradisional

Beda dengan Sebelumnya, Pacu Jalur 2018 Digelar 29 Agustus Hingga 1 September

Sabtu,23 Februari 2018 - 09:00:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pacu jalur iven nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan, kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau tahun 2018 akan dilaksanakan tanggal 29 Agustus dan berakhir tanggal 1 September.  

Tahun sebelumnya, pacu jalur iven nasional senantiasa digelar tanggal tanggal 23 hingga 27 Agustus. Perubahan jadwal juga terjadi pada pacu jalur mini yang akan dimulai dari tanggal 25 hingga 27 Agustus di tempat yang sama.

Selain pacu jalur tradisional dan pacu jalur mini, pada gelaran iven nasiuonal akan dihelat kegiatan penunjang seperti pagelaran kesenian daerah dari tanggal 25 sampai 27 Agustus. Pawai dan prosesi budaya kabupaten dan kota se-Riau tanggal 28 Agustus. Apresiasi seni kabupaten, kota, provinsi tetangga dari tanggal 29 Agustus sampai 31 Agustus/
Hal tersebut terlihat dari jadwal dan lokasi pacu jalur rayon dan iven nasonal tahun 2018 yang sudah ditetapkan Bupati Kuansing, H Mursini. Jadwal ini akan akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Riau untuk diteruskan ke pemerintah pusat dan pemerintah kecamatan.

Untuk pacu jalur rayon sama dengan tahun sebelumnya akan dilaksanakan di empat rayon, masing-masing  rayon I, rayon II, rayon III dan rayon IV.

Hanya saja tahun ini terdapat perubahan rayon. Rayon II yang sebelumnya meliputi Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau tahun ini menjadi rayon III.
Sementara itu rayon III yang sebelumnya meliputi Pangean, Kuantan Hilir, Benai dan Logas Tanah Darat ditetapkan sebagai rayon II.
‎Berikut jadwal selengkapnya. Rayon I yang terdiri dari Kecamatan Inuman, Cerenti dan Kuantan Hilir Seberang akan dilaksanakan di Tepian Tigo Muaro Inuman, Kecamatan Inuman dari tanggal 12 hingga 14 Juli 2018.

Pacu jalur rayon II yang terdiri dari Kecamatan Pangean, Benai, Kuantan Hilir dan Logas Tanah Darat akan digelas di Tepian Pincuran Sati, Kecamatan Benai dari tanggal 26 hingga 28 Juli 2018.
Rayon III yang terdiri Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau akan dilaksanakan di Tepian Saidina Ali, kecamatan Kuantan Mudik dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2018. Terakhir, pacu jalur rayon IV yang meliputi kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Singingi dan Singingi Hilir akan dilaksanakan di Tepian Datuak Bandaro Lelo Budi, Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, yang dimulai 9 hingga 11 Agustus 2018.
‎Menurut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Marwan SPd MM kepada wartawan, Jumat (23/2/2018) sore penetapan jadwal pacu jalur 2018 lebih awal karena karena provinsi telah meminta kepastian jadwal pacu jalur di Kuansing. ( mad)



 

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT