Salah satu bangunan tua di Teluk Kuantan yang belum direhab

Rehab Bangunan Tua dan Bersejarah, Rebut Dana Dari Pusat

Kamis,15 Februari 2018 - 11:02:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Sebagai pusat Kuantan Singingi ( Kuansing ) sejak lama, kota Teluk Kuantan memiliki bangunan tua dan bersejarah sejak jaman penjajahan hingga awal kemerdekaan.

Bangunan-bangunan tersebut selain menjadi saksi sejarah bagi  generasi muda juga dapat menjadi pendukung sektor pariwisata yang sedang dikembangkan Pemkab Kuansing.

Menurut Fakhrudin, ST, sebenarnya program rehabilitasi bangunan tua sudah dimulai namun terhenti. Bangunan tua pertama yang direhab yakni rumah dinas camat Kuantan Tengah dijalan Tugu Timur.

“ Kawasan Tugu Timur banyak bangunan tua dan bersejarah sejak zaman Belanda hingga awal kemerdekaan, bangunan yang sudah direhab pun dapat dikembalikan ke bentuk semula,”ujar mantan Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing itu.

Fakhrudin menyadari saat ini dana APBD Kuansing terus menurun jumlahnya. Namun hal itu bukan alasan untuk membenahi bangunan tua dan bersejarah.

“ Dari APBN ada program penataan bangunan tua dan bersejarah, dinas terkait harus pro aktif membawa dana tersebut ke Kuansing,”ujarnya.

Menurutnya Pemkab Kuansing harus menggesa program rehabilitasi bangunan tua dan bersejarah tersebut.  Sebab jika terundur akan semakin sulit akibat berkembangnya kegiatan pembangunan oleh masyarakat dan swasta.

“ Kalau ini terwujud akan menunjang sektorpariwisata dan ilmu pengetahuan khususnya sejarah dan peradaban masyarakat Kuansing,”ujarnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT