Kembangkan Air Terjun Batang Koban, Lubuk Ambacang Bersiap Jadi Desa Wisata

Kembangkan Air Terjun Batang Koban, Lubuk Ambacang Bersiap Jadi Desa Wisata
Air terjun tujuh tingkat Batang Koban di desa Lubuk Ambacang

TELUK  KUANTAN - Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terkenal dengan bentang alam perbukitan dan menyimpan potensi wisata alam yang besar. Salah satu potensi wisata terbesar di Negeri paling hulu di Kuansing ini adalah keberadaan Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban.


Sejatinya, Batamg Koban telah menjadi objek wisata andalan Kuansing, dan pemerintah Kuansing telah membangun fasilitas penunjang seperti tangga, gazebo, musolah dan fasilitas penunjang lainnya. Namun ketiadaan anggaran pemeliharaan membuat fasilitas-fasilitas tersebut hancur oleh alam.


Tahun ini, Batang Koban mendapatkan angin segar melalui tangan melalui Pusat Ilmu dan Jaringan Rakyat Melayu (Pijar Melayu) melalui programnya yakni mendorong Pemeritahan Desa Lubuk ambacang membentuk kelompok sadar wisata untuk mengelola dan mempublikasikan air terjun 7 tingkat Batang Koban yang juga bisa menjadi alternatif mata pencaharian berkelanjutan bagi masyarakat tempatan.


Setelah melakukan kunjungan ke Lokasi Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban Senin (24/12) Direktur Eksekutif Pusat Pijar Melayu Rocky Ramadani, SP ungkapkan kekaguman sangat luar biasa terhadap keindahan air terjun 7 tingkat batang koban di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.


"Air terjun batang koban ini memancarkan pesona yang tak kalah indah jika dibandingkan dengan wisata wisata dari Provinsi Sumatera Barat ataupun daerah lain. Karena setiap tingkat memiliki pesona masing masing", ujar Rocky.


"Apalagi di tingkat 7 sungguh sempurna keindahannya. Karena ditingkat 7 ini memiliki ketinggian lebih kurang 37 M dan ada pelangi abadi disitu. Ini merupakan surga dunia", lanjut Rocky dengan penuh kekaguman.


Pijar Melayu sebagai kelompok kajian strategis menilai Desa Lubuk Ambacang Sudah siap menjadi Desa sadar wisata. Tinggal diperbaiki sedikit di berbagai sektor.


"Saya sangat yakin jika air terjun ini dikelola dan dikembangkan dengan baik akan memberikan mamfaat sangat besar untuk masyarakat tempatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi", kata Rocky.


"Insyaallah bulan januari Pijar Melayu akan mendorong Pemdes Lubuk ambacang membentuk kelompok sadar wisata untuk mengelola dan mempublikasikan air terjun 7 tingkat ini", tambah Rocky.


Kepala Desa Lubuk Ambacang Ardison menyambut positif program Pijar Melayu untuk menjadikan desa Lubuk Ambacang sebagai desa sadar wisata, pasalnya selama ini objek wisata yang sejatinya bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat khususnya, dan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kuansing telah lama terlantar.


"Pemerintahan Desa Lubuk Ambacang mengucapkan terima kasih kepada Pijar Melayu yang telah memilih Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban untuk dikembangkan", ujar Ardison.


Ardison berharap, jika nantinya telah terbentuk kelompok sadar wisata, tujuan dari pembetukan desa sadar wisata tersebut benar-benar tercapai.


"tujuan untuk membentuk desa sadar wisata ini kan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa, dengan kerja sama kita bersama saya optimis akan tercapai", Katanya.( utr )

 

 

Berita Lainnya

Index