Design Perpusda Kuansing

2019, Kuansing Miliki Pustaka Daerah Modern dan Canggih

Rabu,12 Desember 2017 - 10:06:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN -  Tahun 2019 yang akan datang, kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) bakal memiliki gedung perpustakaan daerah ( Perpusda ) yang canggih dilengkapi fasilitas modern berlantai empat.

“ Bangunan fisiknya baru dapat dibangun tahun 2019. Rencana semula bangunan fisik diusulkan tahun 2018, namun karena desisgn engginering detail ( DED ) yang disusun konsultan belum siap saat saat penyusunan APBD 2018  lalu maka tidak diusulkan pada APBD 2018, karena belum dapat ditentukan besaran dana yang dibutuhkan untuk pembangunannya,”ujar kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kuansing, Azhar saat bincang-bincang dengan wartawan, Selasa ( 12/12/2107).

Sesuai rencana katanya,  gedung Perpusda terdiri dari empat lantai ditambah Basement. Basement akan dapat menampung 6 unit mobil, 32 kenderaan roda dua. Disini juga terdapat ruang genset serta lift dan tangga.

Pada lantai I ungkapnya akan terdapat teras, locker ( penitipan barang ), security gate system, ruang informasi ( sirkulasi ), ruang fhoto copy, ruang pojok ASI , ruang pustaka remaja, desk pencarian digital, toilet pria dan wanita difabel, ruang Panel, ruang Jonitor, lift dan tangga, pos jaga, parkir mobil,dan parkir motor.

Untuk lantai II katanya, ada ruang informasi ( sirkulasi), ruang drop book, ruang server, ruang house keeping, ruang pustaka umum, ruang pustaka digital, ruang diskusi, ruang tandon,  toilet pria dan wanita difabel, ruang panel, ruang jonitor dan wudhu,  ruang sholat serta lift dan tangga.

Selanjut dilantai III ulasnya terdapat ruang kepala perpustakaan, ruang bendahara, ruang Kasubag TU, ruang Staf TU, ruang Kasie 2 unit, ruang staf teknis dan layanan pemakai, ruang rapat, ruang pengolahan buku dan procesing, ruang arsip, ruang pantry, ruang sholat,  toliet dan wudhu pria dan wanita, ruang panel, ruang jonitor serta lift dan tangga.

Kemudian lantai IV katanya terdapat ruang ruang seminar dengan kapasitas 66 orang, ruang tunggu, ruang cafetaria out door. Lalu Roof garden, gudang dan tangga keatap, toliet wanita dan pria, ruang sholat, ruang panel, ruang jonitor  serta lift dan tanga.

Ditanya perkiraan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan fisik gedung, Azhar menyebut Rp.10 Milyar. “ Namun untuk kepastian menggu perhitungan konsultan,”ujarnya.

“ Sementara untuk perlengkapan lain seperti meubiler dan dekorasi ruangan, peralatan elektronik dam digital nantinya akan dihitung kembali. Jadi gedung ini kemungkinan beroperasi penuh tahun 2020,”sebutnya,

Mengenai lokasi gedung Perpusda ini lanjut Azhar didekat lapangan Limuno Teluk Kuantan atau eks kantor Dinas Perkebunan yang sekarang difungsikan sementara sebagai gedung Perpusda.

“ Kalau Kita mengingingkan disamping gedung Samsat dijalan Proklamasi Sungai Jering. Namun lahannya milik Pemprov Riau, sekarang sedang diurus bagaimana bisa menjadi milik Kuansing. Kalau disana lebih bagus lagi, karena gedung Perpusa dapat diperbesar karena aeralnya luas dan mudah dicari warga,”tutupnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT