Almarhum Professor Marbakri ( kiri ).

Tokoh Pendiri Kuansing dan Pencetus Kabupaten Kuantan Meninggal Dunia

Jumat,23 November 2017 - 11:12:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Professor Marbakri guru besar ilmu hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ) Universitas Riau ( Unri ) menghembus nafas terakhir, Selasa ( 21/11/2017) di Rmah Sakit Awal Bros Pekanbaru.

Oleh pihak keluarga jenazah akademisi senior Riau ini dikebumikan didesa Pulau Busuk kecamatan Inuman, Rabu ( 22/11/2017). Almarhum memang berwasiat kepada keluarga jika meninggal dunia dimakamkan ditanah kelahirannya.

Warga dari berbagai desa dikecamatann ini tampak memadati memadati rumah duka baik saat jenazah datang dari Pekanbaru dan saat disholatkan di Mesjid Ubudiyah serta dimakamkan dipemakaman umum setempat.

Sejumlah tokoh masyarakat Kuansing tampak hadir melayat dan memberi penghormatan terakhir kepada almarhum seperti masing ketua komisi A, Musliadi, Kadis Lingkungan Hidup, Japrinaldi dan Sekretaris DPRD, Mastur.

Marbakari selama ini  selain dikenal sebagai guru besar Unri juga pejuang dan pendiri kabupaten Kuansing sekaligus pencetus pembentukan kabupaten Kuantan.

Karena itu kepergian almarhum menghadap sang khalik dirundung rasa duka termasuk oleh salah seorang rekan almarhum dalam pembentukam kabupaten Kuansing, Mardianto Manan.

" Almarhum sosok tokoh masyarakat Kuansing yang bersemangat tinggi saat perjuangan membentuk Kuansing. Dalam Mubes masyarakat Kuansing di balai adat Teluk Kuantan tahun 1999 Ia salah satu pembicara, dan juga pencetus perjuangan pembentukan kabupaten Kuantan,"ujarnya.

" Almarhum figur yang tenang dan kebapakan dan selaku orang tua mau mendengar anak-anak muda, terimakasih atas jasa dan perjuangan almarhum untuk masyarakat Kita. Banyak kenangan Saya bersama almarhum khususnya tahun 1999 saat berjuang membentuk kabupaten,"ujar Mardianto menambakan.

 

Hal yang sama dikatakan ketua Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan ( BPPKK ), Musliadi. BPPKK sangat kehilangan tokoh yang selama ini mendukung perjuangan pembentukan kabupaten Kuantan yang terus diperjuangkan sampai saat ini.

" Pak Marbakri menjadi pembicara dan memberi masukan serta menyampaikan dukungan saat deklarasi pembentukan kabupaten Kuantan di Pekanbaru. Diusia senja Ia juga hadir dan berpidato diacara Mubes masyarakat hilir di Baserah dan kegiatan lain sebagai bentuk komitmennya mendukung kabulaten Kuantan, jasanya besar sekali mendukung dan memberi masukan,"ujarnya.

Begitu juga katanya, almarhum berada didepan bersama tokoh hilir lainnya merampungkan kajian akademis.

" Kami BPPKK menyampaikan duka cita yang mendalam kehilangan sosok almarhum dan mari meneruskan yang telah Ia perjuangkan,"tutupnya. (isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT