sebagian rumah godang di kenegerian Sentajo yang masih terawat.

Kemdikbud Salut Kuansing Lestarikan Rumah Adat Berumur Ratusan Tahun

Kamis,09 November 2017 - 09:18:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Staf Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rosalina Zweidhika mengaku salut dengan masyarakat Kuansing yang mampu mempertahankan budaya dan tradisi ditengan modernisasi dan globalisasi, salah satunya rumah adat berusia ratusan tahun.

Hal ini diutarakannya saat meninjau lokasi rumah adat Kenegerian Sentajo, Rabu (8/11/2017).

“ Jujur Saya merasa terpukau saat masuk kedalam rumah adat ini, betapa tidak, semua tiang berdiri dengan kokoh tanpa dipaku dan ukiran yang ada didalamnya membuat Kita ingat betapa lihai dan terampilnya orang zaman dulu. Dirinya berharap peninggalan bersejarah ini terus dipertahankan,”ujarnya.

Kekaguman Rosalina Zweidhika bertambah saat Dt. Panghulu Bongsu memaparkan fungsi rumah adat dalam peradaban adat di Kenegerian Sentajo. Ia berharap suatu saat nanti dapat kembali lagi ke kawasan rumah adat ini untuk menyaksikan secara langsung prosesi adat yang ada di daerah ini.

Kunjungan Rosalina Zweidhika juga dalam rangka memantau pelaksanaan revitalisasi rumah adat di Kenegerian Sentajo Kabupaten Kuantan Singingi yang berjalan dan terlaksana dengan baik sesuai dengan Juknis yang telah ditentukan.

“Semoga dengan telah direvitalisasinya sebanyak 6 unit rumah adat ini akan lebih termotivasi untuk lebih melestarikan dan mempertahankan keberadaan rumah adat ini, selain sebagai pusat kegiatan tadisi dan budaya, bangunan ini hendaknya dapat menjadi  objek wisata,”kata Rosalina Zweidhika. ( pen )

 

 

 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT