Jupirman

Ditolak PT. WJT, Dana Rehabilitasi SD Rp.500 Juta Terancam Dikembalikan

Jumat,09 November 2017 - 12:04:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Akibat penolakan manajemen PT. Wana Jingga Timur ( WJT ) perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di kecamatan Inuman, dana rehabilitasi sekolah dasar ( SD ) yang ada didalam areal perusahaan ini terancam dikembalikan ke pusat.

“  Awalnya pihak perusahaan setuju, namun ketika pelaksanaan rehabilitasi akan dilaksanakan, tiba-tiba manajemen berkilah  dengan alasan rehabilitasi akan dilakukan oleh perusahaan sendiri. Sehingga MoU sebagai dasar pelaksanaan batal dan rehabilitasi terkatung-katung sampai saat ini,”ujar Kadis Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kuanisng, Jupirman, Jumat( 3/11/2017 ) yang lalu.

Masalahnya kata Jupirman, dengan penolakan yang tiba-tiba ini pihak pengelola rehabilitasi sangat kesulitan dalam mmpertanggungjawabkan penggunaan dana. Karena sebagian material sudah dibeli untuk melaksanakan kegiatan.

“ Belum  lagi pusat dalam hal ini kementrian Pendidikan  dan Kebudayaan tentu akan menjadi catatan soal ini, Kita sesal karena program ini membantu perusahaan sendiri,”ujarnya.

Menurut Jupirman, program ini merupakan program rehabillitass sekolah sedang dan  berat dibawah Direkotorat PSD kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Dalam program ini, rehabilitasi dilakukan baik untuk sekolah negeri maupun swasta.

“ Jadi kementrian Pendidikan memiliki data informasi pendidikan ( Dapodik ) sekolah swasta dan negeri diseluruh Indonesia  hasil pendataan. Mereka yang menunjuk sekolah yang mendapat dana rehab disetiap kabupaten dan kota, termasuk SD  swasta didalam areal PT WJT. Sebelumnmya mereka melakukan peninjauaa kelapangan untuk menentukan klasifikasi rehab yang akan dilaksanakan. Untuk pelaksana dilakukan oleh panita pembantunan yang dibentuk komite sekolah bersama masyarakat,”ujanrya.

Tahun 2017 ini bebernya, bantuan rehab sedang dan berat oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  di Kuansing sebanyak 12 sekolah termasuk SD Swasta di PT. WJT ini dengan total anggaran Rp.4.3 Milyar. ( isa )

 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT