Air Terjun Guruh Gemurai. ( utiket.com )

Pariwisata Sumber PAD Andalan, Guruh Gemurai Saja Hasilkan Rp.100 Juta Setahun

Rabu,01 November 2017 - 10:57:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN –  Jumlah pendapatan asli daerah ( PAD ) kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) belum signifikan untuk menjadi penopang utama pendapatan daerah. Padahal Kuansing memiliki potensi PAD yang besar salah satunya dari sektor pariwisata. Sayangnya sektor ini belum tergarap dengan baik.

Dari data di Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda ) Kuansing,  tahun ini target PAD dari pariwisata khususnya dari restribusi masuk ke kawasan objek wisata air terjun Guruh Gemurai ditetapkan sebesar Rp.100 juta. Hingga bulan Oktober sudah terealisasi sekitar Rp.70 Juta.

Animo masyarakat yang haus tempat hiburan dan wisata membuat mereka tetap mengunjungi objek wisata air terjun Guruh Gemurai, baik dari Kuansing maupun dari luar Kuansing. Walaupun hingga saat ini kondisi objek wisata ini demikian  memprihatinkan dan tanpa pernah ada upaya menambah wahana permainan baru untuk menambah animo kedatangan pengunjung.

Salah satu yang banyak dikeluhkan pengunjung, banyaknya sarana dan prasarana yang rusak dan akses  kebawah air terjun yang masih berbahaya karena tangga yang curam tanpa ada upaya untuk membangun tangga yang memudahkan akses dan memberi rasa aman pengunjung menuju kebawah.

 Jika Kuansing memiliki objek wisata yang telah dikelola layaknya air terjun Guruh Gemurai sebanyak sepuluh buah, sudah mampu memasukkan PAD ke daerah sekitar Rp.1 Milyar. Jumlahnya akan meningkat jika pengelolaan setiap objek wisata dilakukan dengan manajemen modern yang  tidak memungkinkan terjadinya kebocoran.

“ Kalau untuk PAD objek wisata terus tercapai targetnya.Tapi Kita baru bisa melakukan pemungutan restribusi di objek wisata Guruh Gemurai, potensi PAD besar sekali jika objek wisata yang ada sudah dikelola seperti Guruh Gemurai. Pariwisata salah satu sumber PAD andalan jika sudah berkembang maju,”ujar Kepala Bapenda Kuansing, Hendra,  Rabu ( 1/11/2017).

“ Kalau objek wisata berkembang,  PAD tidak hanya berasal dari restribusi masuk kawasan objek wisata, PAD dari hotel dan restoran juga akan meningkat yang berasal dari tamu yang menginap di Kuansing,”tambahnya.

Begitu juga dengan keterangan dari Kadis Parwisata dan Kebudayaan Kuansing, Marwan, Rabu malam. Untuk objek wisata air terjun Guruh Gemurai, hingga bulan Oktober sudah dikunjungi 13 ribu wisatawan.

“ Kita optimis hingga Desember pengunjung mencapai 20 ribu orang,”ujarnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT