Andi Nurbai saat bersama Cagubri Jhon Erizal. ( isa )

Susun Dapil Pileg 2014, KPU Kuansing Diminta Netral

Rabu,12 Februari 2013 - 06:38:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi diminta untuk tetap netral dalam menyikapi pro dan kontra antar pengurus partai dalam menyusun daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu legislatif 2014 mendatang yang saat ini tengah mereka lakukan.
Hal ini dikatakan oleh ketua DPD II PAN Kuansing, Andi Nurbai, SP saat berbincang dengan wartawan, Selasa (12/2) siang  di Teluk Kuantan.

Dari perbincangan tersebut, Andi mengakui bahwa untuk Dapil I terjadi sedikit pro dan kontra karena sejumlah partai menginginkan untuk dapil I ini khusus untuk ibukota Kabupaten yaitu Kuantan Tengah, namun ada juga yang meminta agar Kecamatan Sentajo Raya yang merupakan daerah pemekaran dari Kuantan Tengah bergabung di Dapil I.

"Kita minta KPU dalam hal ini untuk tetap bersikap netral dan tidak ada konspirasi politik dari salah satu partai terutama dari partai yang berkuasa,"ujarnya.

Menurut mantan aktifis mahasiswa Kuansing ini, untuk Kecamatan Sentajo Raya lebih ideal bergabung dengan Kecamatan Benai di Dapil 2, sebab menurutnya, selain faktor geografisnya, ia mengatakan lebih dari 50 persen penduduk Sentajo Raya merupakan eks dari Kecamatan Benai.

"Pas nya memang Sentajo Raya masuk Dapil 2 bergabung dengan Kecamatan Benai, dan dapil I cukup Kuantan Tengah saja, karena sebagai ibukota Kabupaten, Kuantan Tengah memang wajar berdiri sendiri untuk memenuhi keterwakilannya di DPRD, dan juga untuk Sentajo Raya secara geografis dan psikologis penduduknya yang sebagian besar eks kecamatan Benai lebih wajar masuk Dapil 2 bergabung dengan Benai,"ujarnya.

Dalam penyusunan Dapil yang dilakukan oleh KPU ini menurut Andi pihak KPU memang melakukan koordinasi dengan parpol."Kemaren waktu Bimtek di KPU Pusat bersama KPU Kuansing, hal ini juga sudah kita bahas, waktu itu KPU Kuansing sudah membuka dua opsi, yang pertama untuk pileg 2014 ini terjadi penambahan 1 dapil yaitu menjadi 6 dapil dan opsi yang kedua tetap 5 dapil,"ujarnya lagi.

Untuk opsi pertama dijelaskan Andi, Dapil I (Kuantan Tengah), Dapil 2 (Sentajo Raya dan Benai), Dapil 3 (Pangean dan LTD), Dapil 4 (Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti), Dapil 5 (Singingi dan Singingi Hilir) dan Dapil 6 (Gunung Toar, Kuantan Mudik, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau). Sedangkan untuk opsi yang kedua sama dengan Pileg sebelumnya yaitu 5 Dapil dengan rincian Dapil I (Kuantan Tengah, Sentajo Raya), Dapil 2 (Benai, LTD dan Pangean), Dapil 3 (Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti), Dapil 4 (SIngingi dan Singingi Hilir) dan Dapil 5 (Guntor, Kuantan Mudik, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau).

"Sekarang kan ada dua opsi dan ada sedikit pro dan kontra antar pengurus partai, jadi kita minta kepada KPU dalam menentukan ini mereka harus bersikap netral,"tuturnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, hingga saat ini KPU Kuansing masih belum menetapkan Dapil ini, dan dalam waktu dekat mereka kembali akan mengundang pengurus Parpol untuk penetapan Dapil tersebut. ( isa  )





TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT