Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra bersama warga desa Koto Kari. (rls )

Kreatif, Desa Koto Kari Bangun Ruko Untuk Tingkatkan Pendapatan Desa

Senin,02 Oktober 2017 - 11:04:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUKKUANTAN - Membangun usaha untuk meningkatkan pendapatan desa tidak perlu mencontoh jauh-jauh ke daerah lain yang dapat menghabiskan anggaran. Yang paling diperlukan tekad, keberanian dan keseriusan mendirikan usaha.

Perangkat desa, anggota BPD dan masyarakat desa Koto Kari kecamatan Kuantan Tengah patut diacungi jempol. Mereka membangun dua unit Ruko yang dapat disewa dan digunakan sendiri untuk peningkatan ekonomi.

Pemilihan pembangunan Ruko karena lahan yang dimiliki desa ini berada dijalur strategis dan ramai yakni jalan lintas Teluk Kuantan-Pekanbaru tepatnya sebelum rumah makan Rimbo Sikopuang dekat kawasan Mapolres Kuansing kawasan Senambek kelurahan Sungai Jering. Dikawasan ini pemerintah desa Koto Kari memiliki lahan seluas dua hektar.

Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra SH MH didaulat masyarakat Desa Koto Kari meresmikan dua unit Ruko ?milik mereka, Senin (2/10/2017).

?Kedatangan Andi Putra disambut langsung Kepala Desa Koto Kari, Bustamam beserta para perangkat dan para pengurus BPD dan ratisan masyarakat yang  antusias mengikuti proses peresmian toko tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih, karena telah mengundang saya untuk menghadiri peresmian ini. Bagi saya, masyarakat di Koto Kari tidak asing lagi. Ada orang tua saya, sahabat saya, dan ada keluarga saya. Dan memang Desa Koto Kari tak asing bagi saya, karena hampir setiap bula saya di Koto Kari. Alhamdulillah, saya sangat senang dapat bersilaturrahmi dengan masyarakat Koto Kari," ujar Andi Putra dalam arahannya.

Ia berharap, silaturrahmi yang terjalin ini dapat terjaga. "Mudah-mudahan silaturrahmi ini dapat dijaga. Kedepan, silaturrahmi dapat dilanjutkan. Hari ini, kita sudah bersama. Kita sudah mulai menikmati salahsatu program atau kegiatan, usaha masyarakat Desa Koto Kari, yang langsung dipimpin kades beserta perangkat. Saya mengapresiasi ini," katanya.

Andi salut dengan upaya Kepala Desa Koto Kari yang mengelolah desa. "Jarang-jarang saya melihat desa itu bikin ruko. Dua pintu lagi. Ini program luar biasa. Program yang akan membantu peningkatan ekonomi desa. Program yang terbukti ini dana dari desa yang sudah sama-sama kita lihat dan rasakan manfaatnya hari ini," katanya.

Ia pun tidak menyangka, Koto Kari yang letaknya ada di Kenegerian Kari bisa memiliki aset di Kelurahan Sungai Jering. "Ndak nyangka saya, desa Koto Kari kan di Kari. Kok rukonya bisa ada di wilayah sini (Sinambek). Ini prestasi masyarakat desa Koto Kari yang perlu dibina, yang membutuhkan dukungan kita semua. Sekarang bagaimana aset ini ke depan bisa dipelihara. Apakah dikontrakkan kepada pihak ketiga atau desa buat usaha sendiri sehingga bisa membantu. Itu tergantung masyarakatnya sendiri," katanya.

Andi Putra pun menilai, program pimpinan yang ada di desa Koto Kari ini layak dilanjutkan. "Bisa dilanjutkan program kades ini. Saya doakan itu," ?ujar Andi seraya mengajak masyarakat terus menjaga kekompakkan.

Sementara itu, Kepala Desa Koto Kari, Bustamam pun mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakatnya sehingga dirinya bisa membangun toko desa. Apalagi toko ini, diharapkannya bisa dimanfaatkan masyarakat. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Ketua DPRD, Pak Andi Putra yang telah memberi semangat kepada kami," katanya.(isa)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT