13 September Jamaah Haji Tiba di Kuansing

13 September Jamaah Haji Tiba di Kuansing
Jch Kuansing saat pelepasan di mesjid agung. ( roc)
TELUK KUANTAN -  253 orang jamaah haji asal Kabupaten Kuansing direncanakan sampai di kampung halaman 13 September mendatang.

Menurut Kepala Kemenag Kuansing Drs Jisman MA didampingi Kasi Haji Bahrul Aswandi SAg jamaah yang tergabung dalam kloter 5 BTH ini sampai di debarkasi Batam tanggal 12 September pukul 23.45 wib. Kemudian tanggal 13 september terbang ke Pekanbaru dengan pesawat Citilink.

"Pemberangkatan ke Pekanbaru dibagi menjadi dua penerbangan, pertama pukul 10.30 wib dan kedua 12.00 wib," ujarnya.

Di debarkasi Batam lanjutnya, jamaah rencananya disambut Wabup Kuansing H Halim dan rombongan dari Pemkab Kuansing dan Kemenag Kuansing. "Kemungkinan sampai di Taluk sekitar sore atau malam hari," katanya.

Terkait persiapan penyambutan kepulangan para tetamu Allah itu terang Bahrul yang juga Ketua IPHI Kuansing ini sudah tidak ada masalah karena sudah dikoordinasikan dengan instansi lintas sektoral. Baik dengan Pemda (Satpol PP dan Dishub) juga dengan pihak kepolisian.

"Jadi mereka nanti membantu proses pengawalan bus dan koper jamaah. Kita berharap proses pemulangan berjalan lancar," harapnya.

Sejauh ini, kata Bahrul, ada dua jamaah haji asal Kabupaten Kuansing dirawat di RS Arab Saudi, Makkah. Kedua jamaah itu adalah Dahniar (71) warga Kopah, Kecamatan Sentajo Raya dan Amran bin Ali Umar (65) dari Kecamatan Kuantan Hilir.

"Keduanya masuk kloter lima embarkasi Batam," katanya.

Untuk pemulangan kedua jamaah itu katanya, menunggu kesembuhan jamaah. Jika sampai kloter habis belum juga sembuh, maka itu menjadi tanggungjawab Kedutaan Besar RI di Arab Saudi.

"Penentuan sehat itu, menurut analisa dokter. Jika dikira mampu, maka dipulangkan ke tanah air dengan kloter yang sama," ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index